Beranda Bolmong Timur Desa se-Boltim Diimbau Segera Bentuk BUMDES

Desa se-Boltim Diimbau Segera Bentuk BUMDES

622
0
BERBAGI
Kelala Dinas PMD Boltim Slamet Umbola saat di wawancarai oleh sejumlah wartawan

BOLTIM, lensasulut.com – Desa-desa se-Kabutapen Bolaang Mongondow Timur (Boltim) diharapkan segera membentuk BUMDES (Badan Usaha Milik Desa). Hal ini diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa Boltim, Slamet Riyadi Umbola, Senin (26/3).

Kata dia, imbauan itu demi meningkatkan Pendapatan Asli Desa (APDes). Lanjutnya, dari 80 desa, ada 30 yang memiliki BUMDES. Bahkan telah menghasilkan produk kreatif dan inovatif yang mampu meningkatkan APDes.

“Sudah ada 30an BUMDES yang ada, dan telah menghasilkan produk yang mampu meningkatkan APDes. Misalnya di Desa Atoga Timur dengan BUMDES Pelangi,” ujar Umbola saat diwawancarai di aula lantai 3 Kantor Bupati.

Produk Bumdes Desa Atoga Timur

Sementara Sangadi (Kepala Desa) Atoga Timur, Kanno R Ngato mengatakan, BUMDES tersebut mampu menyerap tenaga kerja di desanya. Untuk itu, dirinya berharap, produk yang dihasilkan BUMDES tersebut, tidak ditiru desa lain.

“Kiranya desa-desa lain tidak meniru apa yang sudah menjadi produk BUMDES kami. Sebaiknya, produknya harus inovatif, tapi berbeda. Sehingga produk kami bisa terjaga,” harapnya.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Ramlah Mokodompis mengatakan, pihaknya siap menyosialisasikan potensi usaha yang dihasilkan Desa Atoga Timur.

“Itu nantinya akan diikutsertakan pada pameran di Manado Town Square dan di Jakarta. Sehingga bisa dipasarkan di daerah lain,” singkat Ramlah. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here