Beranda Religi Foto: Penderitaan Yesus Dalam Teatrikal Jalan Salib Paroki Santo Ignatius Manado

Foto: Penderitaan Yesus Dalam Teatrikal Jalan Salib Paroki Santo Ignatius Manado

1749
0
BERBAGI

MANADO, lensasulut.com – Umat Paroki Santo Ignatius Manado mengenang penderitaan Yesus dengan menggelar teatrikal prosesi jalan salib, dalam rangkaian perayaan Jumat agung. Teatrikal yang melibatkan ratusan umat ini berjalan khidmat dari depan kantor yayasan Don Bosco, di ruas jalan Sudirman, sampai jalan Walanda Maramis, area Kelurahan Pinaesaan, Kecamatan Wenang, Jumat 30 Maret 2018.

Ratusan jemaat yang mengikuti Stasi (perhentian) jalan salib pada teatrikal ini tak kuasa menahan haru, bahkan ada yang menitikkan air mata.
Beberapa Stasi yang diawali dengan dijatuhkan hukuman mati terhadap Yesus, nampak raut wajah para jemaat dibayangi kengerian dan kesengsaraan yang akan dijalani oleh Yesus.
Dalam teatrikal ini, jemaat membayangkan betapa kesengsaraan tak hanya dirasakan dengan beban berat kayu salib yang dipikul. Cambukan dan dorongan juga dialami Yesus, hingga membuatnya Tiga kali jatuh tersungkur.
Selain kesengsaraan, Yesus juga harus menanggung hina saat pakaiannya ditanggalkan. Stasi ini semakin membuat haru jemaat yang mengikuti teatrikal.
Momen yang paling membuat jemaat mengusap air mata saat tangan dan kakinya dipaku di kayu salib.
Yesus wafat dengan kesengsaraan dan penderitaan yang ditanggung demi keselamatan serta dosa-dosa umatnya, yang dikenang dalam teatrikal peringatan Jumat agung.

Ada 14 perhentian yang dilalui pada prosesi jalan salib dalam teatrikal ini,

1. Yesus dihukum mati
2. Yesus memanggul salib
3. Yesus jatuh untuk pertama kalinya
4. Yesus berjumpa dengan ibunya
5.Yesus ditolong Simon dari Kirene
6. Wajah Yesus diusap oleh Veronica
7. Yesus jatuh untuk kedua kalinya
8. Yesus menghibur wanita-wanita yang menangisinya
9. Yesus jatuh untuk ketiga kalinya
10. Pakaian Yesus ditanggalkan
11. Yesus disalibkan
12. Yesus mati di salib
13. Yesus diturunkan dari salib
14. Yesus dimakamkan

Prosesi jalan salib yang berlangsung sejak pukul 12.00 sampai 14.00 tersebut, berakhir di Paroki Santo Ignatius Manado, Jalan Walanda Maramis dan dilanjutkan ibadah Jumat agung yang dipimpin oleh Pastor Paroki, Frans Mandagi, Pr, dengan Dua Ribuan umat. (Jeff)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here