Beranda Bolmong Timur Jelang Puasa Harga Barito Melonjak, Ramlah: Pedagang Jangan Menyuplai Keluar Boltim.

Jelang Puasa Harga Barito Melonjak, Ramlah: Pedagang Jangan Menyuplai Keluar Boltim.

441
0
BERBAGI
Ramlah Mokodompis.

KOTABUNAN lensasulut.com – Menjelang bulan puasa, harga bahan pokok, Bawang, Rica, Tomat (Barito) mulai melonjak di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Hal ini diungkapkan salah satu pedagang pasar Kotabunan Dedi Matoa kepada lensasulut.com, Kamis (17/5).

Dikatakannya, saat ini harga rica sudah mencapai Rp 16 Ribu per Kilogram. Sebelumnya hanya 10 Ribu/Kg. Harga naik tersebut sudah berlangsung sejak dua minggu terakhir ini. Selain rica, harga komoditi bawang merah, bawang putih dan tomat juga naik.

Harga jual bawang merah harga naik dari Rp 58 Ribu menjadi Rp 60 Ribu/Kg. Batang bawang dari Rp 2 Ribu menjadi Rp 2500 Ribu per satu ikat. Bawang Putih sebelumnya 30 per Kilo Gram,  kini menjadi 40 per KG.  Harga Tomat dari Rp 10 Ribu per kilo naik 12 Ribu per kilo.

Dedi menambahkan,  yang bakal naik dratis yaitu telur ayam. “Sebelumnya per-satu bak 58 Ribu kini sudah menjadi 65 Ribu. ini baru hari pertama Ramadhan,  sehingga saya yakin telur ayam kedepan akan melambung harganya,” sebut Dedi.

Kenaikan harga ini tak ditampik Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Boltim, Ramlah Mokodompis. Memang diakuinya, harga barang yang naik jelang bulan suci Ramadhan, yaitu bawang rica dan tomat.

“Kalau harga naik, kita akan minta suplai dari daerah lain. Kenaikan harga itu tergantung penawaran dan permintaan. Bagi pedagang Barito di Boltim diimbau agar tidak menyuplai barang ke luar daerah. Sehingga stok kita bisa stabil,” kunci Mokodompis. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here