Beranda Bolmong Timur Sah, Mamonto Resmi Daftar Calon Sangadi Motongkad Utara.

Sah, Mamonto Resmi Daftar Calon Sangadi Motongkad Utara.

561
0
BERBAGI
Mudrik Mamonto saat Mendaftar di Kantor Sekretariat Panitia Pilsang Desa Motongkad Utara Kec Motongkad.

BOLTIM lensasulut.com – Bakal calon sangadi (Bacasang) Desa Motongkad Utara Kecamatan Motongkad, Mudrik Mamonto secara resmi, mendaftarkan diri sebagai peserta Pilsang gelombang ke dua tahun 2018, Selasa (11/9).

Berkas pendaftaran diterima langsung oleh ketua panitia Pilsang Johar Raif, bertempat di ruangan Kantor Sekretariat panitia pilsang Desa Motongkad Utara. Pendaftaran pada pukul 09.00 wita tersebut turut disaksikan oleh Sekretaris Pilsang Sri Dewi Mamonto serta anggota lainnya seperti Sudirman B Mamonto dan Najabudin Mokoagow.

Ketua Panitia Pilsang Desa Motongkad Utara Johar Raif menjelaskan, sejauh ini para calon yang telah nyatakan sikap ingin maju ada tiga orang bahkan mereka ini sudah mengambil data formulir pendaftaran sejak beberapa minggu lalu.

“Ada saudara Haris Mokoagow dan Ibu Efemi Mamonto, dua orang ini merupakan wajah-wajah lama yang sudah pernah ikut pilsang 6 tahun lalu, sedangkan satunya lagi adalah saudara Mudrik Mamonto merupakan figur muda yang pekerjaannya sebagai Jurnalis,” terang Johar.

Lanjut Johar, sesuai tahapan batas akhir pendaftaran peserta pilsang itu hingga tanggal 11 september 2018.

“Kita buka pendaftaran Calsang sesuai tahapan pilsang itu sejak tanggal 4 agustus lalu. Usai pendaftaran ini kami akan mulai melakukan penelitian kelengkapan berkas administrasi para calon sangadi ditingkat desa berakhir tanggal 13 september kemudian pada tanggal 14 september nanti berkas para calsang kita serahkan ke panitia pilsang tingkat kabupaten untuk penelitian lagi berkas administrasi para calsang, itu sampai 20 september mendatang,” jelasnya.

Disebutkan, pada tanggal 21 september 2018 pihaknya akan umumkan hasil penelitian berkas administrasi Calsang, sesuai hasil diumumkan oleh panitia tingkat kabupaten.

“Kita akan umumkan Calsang mana saja yang telah dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh panitia kabupaten. Pada tanggal 24-26 september nanti kita masuk masa sanggahan/tanggapan masyarakat kemudian tanggal 1-5 oktober nanti dilakukan verifikasi faktual oleh panitia pilsang kabupaten selanjutnya tanggal 8,9,10 oktober dilakukan tes tertulis, tes wawancara dan pidato di kabupaten, tanggal 11,12 dan 15 oktober itu penetapan Calsang oleh panitia kabupaten,” ujarnya.

“Pada tanggal 16-17 oktober nanti pengundian nomor urut Calsang ditingkat desa, kemudian masuk tahapan penetapan dan pengesahan DPT tanggal 18-22 oleh panitia pilsang desa dan kabupaten, tanggal 23-25 masuk tahapan kampanye, tanggal 26-28 oktober itu masa tenang, tanggal 29 oktober pemungutan dan penghitungan suara, tanggal 30 oktober – tanggal 3 november tahapan penyelesaian dan perselisihan hasil pilsang di kabupaten namun saya harap itu tidak ada, tanggal 5-7 november penetapan calon sangadi terpilih oleh panitia pilsang kabupaten, tanggal 8 november pelantikan sangadi terpilih di panitia kabupaten dan 9 november pembubaran panitia pilsang tingkat desa,” sambungnya.

Johar berharap, para Calsang selalu kedepankan sikap kekeluargaan serta menghindari perpecahan pada pilsang gelombang kedua tahun 2018.

“Silahkan jual program ke masyarakat biar mereka yang nilai agar hajatan ini berjalan aman, lancar dan damai. Saya juga minta panitia pilsang desa bersikap netral tanpa ada diskriminatif sesuai amanat Pak Bupati Sehan Landjar,” tutupnya. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here