Beranda Bolmong Timur Puskesmas Motongkad Siap Beroperasi.

Puskesmas Motongkad Siap Beroperasi.

536
0
BERBAGI
Puskesmas Motongkad.

MOTONGKAD lensasulut.com — Meski tenaga medis masih terbatas, namun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Desa Motongkad Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) telah siap beroperasi. Demikian dikatakan Kepala Puskesmas (Kapus) Motongkad, Helmi Lasama, kepada media ini, Jumat (28/9/2018).

“Hari Senin per tanggal satu kami akan siap beroperasi. karena saat baru dibuka saja Puskesmas ini, sudah banyak masyarakat yang datang. Dan ini juga permintaan dari  masyarakat dimana mereka sudah sangat membutuhkan Puskesmas ini,” ujar Lasama saat di temui wartawan.

Kata dia, sebelumnya terkendala dengan kekurangan kertas untuk penulisan resep serta data pasien,  tapi sekarang pihaknya sudah siap untuk beroperasi.

“Kendala sekarang sudah tidak ada.  Ketersediaan obat dan alat suntik semuanya sudah siap. Untuk Oksigen serta alat pemeriksaan jantung EKG (Elektro Cardio Grav) juga sudah ada,” tambahnya.

Lanjutnya, untuk Persalinan, itu akan dibuka 1×24 jam. Sedangkan rawat jalan dari jam 08.00 sampai pukul 02.00 Wita

“Kami akan upayakan persalinan sudah tidak ada lagi yang di rumah, tapi harus di Puskesmas. Hal ini untuk mengurangi resiko kematian karena kalau terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, kami yang akan disorot. Untuk pelayanan persalinan kami buka 24 jam, sedangkan rawat jalan hanya dari pukul 08.00 sampai  02.00 Wita,” terangnya.

Kapus berharap, kinerja tenaga medis di Puskesmas Motongkad harus dimaksimalkan, karena masih sangat kekurangan personil.

Diketahui, tenaga medis di Puskesmas tersebut sebanyak 21 personil dan Dokter Umum berjumlah satu orang. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here