Beranda Bolmong Timur 2019, DKP Boltim akan Luncurkan Kartu Kusuka.

2019, DKP Boltim akan Luncurkan Kartu Kusuka.

505
0
BERBAGI
Kadis Perikanan Boltim, Erna Mokodongan .

BOLTIM lensasulut.com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan mengeluarkan kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan atau dikenal dengan kartu KUSUKA sebagai salah program di tahun 2019.

Program ini bertujuan untuk perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha kelautan dan perikanan sebagai wujud pelayanan dan peningkatan kesejahteraan.

Jika sebelumnya program tersebut dilakukan dengan menerbitkan Kartu Nelayan yang diperuntukkan bagi nelayan kecil atau nelayan yang memiliki kapal di bawah 10 gross ton (GT), maka kartu tersebut akan segera digantikan dengan Kartu KUSUKA.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Boltim, Erna Mokodongan berujar, untuk nelayan dan pelaku usaha di bidang perikanan di wilayah Kabupaten Boltim akan didata kembali agar mendapatkan Kartu Kusuka.

“Sekarang ini kami sedang mendata kartu Kusuka, dan yang mendata adalah penyuluh perikanan pusat. Bagi yang ingin mendapatkan Kartu Kusuka, silahkan mendaftar ke penyuluh perikanan sebagai calon untuk mendapatkan kartu Kusuka,” ujar Mokodongan pada acara Reses Anggota Dewan, belum lama ini.

Mokodongan menyebutkan, syarat untuk mendapatkan kartu tersebut harus mendaftar kembali sebagai pemilik kartu Kusuka.

“Umur untuk mendapatkan kartu Kusuka, mulai dari 17 tahun karena kami mendata sesuai dengan KTP. Kartu Kusuka ini tidak lagi dibayar karena sudah dibayar oleh pemerintah,” terangnya.

“Kartu Kusuka ada juga asuransinya.  Dimana asuransi nelayan yang tadinya sudah kadaluarsa akan dialihkan ke kartu Kusuka. Dan yang berhak mendapat kartu ini adalah Nelayan, Tibo-tibo, pembudidaya ikan dan para pemasar dengan catatan harus mendaftar kembali sebagai pemilik kartu Kusuka,” tutup mantan Sekretaris DKP Boltim ini. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here