Beranda Bolmong Timur BPBD Boltim: Waspadai, Wilayah ini Rawan Longsor dan Banjir Dimusim Hujan.

BPBD Boltim: Waspadai, Wilayah ini Rawan Longsor dan Banjir Dimusim Hujan.

457
0
BERBAGI
(foto ilustrasi)

BOLTIM lensasulut.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Kesiapsiagaan Rehab dan Rekonstruksi BPBD Boltim Yanto Modeong mengimbau kepada seluruh warga Boltim untuk berhati-hati menghadapi ancaman banjir, longsor hingga abrasi pantai di musim hujan ini.

Hal ini menyusul hasil rilis BMKG terkait meningkatnya ancaman bencana hidrometeorologi. “Kami selaku instansi yang bertanggung jawab dengan kewaspadaan dan kesiapsiagaan bencana, meminta masyarakat Boltim untuk terus siaga terhadap bencana dan harus berhati-hati. Apalagi ini sudah musim hujan,” pintanya.

Modeong menyebut ada beberapa wilayah di Boltim yang bisa berpotensi banjir dan longsor. “Ada empat kecamatan yang berpotensi banjir dan longsor. Serta ada lima wilayah pantai yang juga berpotensi terjadinya abrasi, (lihat grafis, red),” sebutnya.

Dia pun mengimbau kepada masyatakat khususnya yang berada di wilayah rawan bencana untuk mengurangi aktifitas luar rumah yang bersinggungan dengan daerah rawan bencana, mengurangi aktivitas melaut bagi penduduk di pesisir pantai, serta terus memperhatikan arahan dari instansi terkait. Tidak menebang pohon di daerah lereng yang bisa meningkatkan risiko terjadinya longsor dan meminta bantuan serta koordinasi antar instansi lintas sektoral terutama pihak kecamatan agar dapat bekerja sama menginformasikan setiap hal yang terjadi kepada perangkat desa di wilayah kecamatan masing-masing.

“Semua masyarakat harus waspada. Tentunya kami dari BPBD akan selalu siap dan siaga terhadap bencana yang ada,” sebutnya.

Dibeberkannya, pihaknya sudah mempersiapkan setiap hal yang diperlukan. “Untuk setiap risiko dan bencana yang ada, kami pasti sudah siap. Semoga saja semua wilayah Boltim akan baik-baik saja,” tukasnya.

Sementara itu Wanda Gani salah satu warga Nuangan membenarkan saat musim hujan sering terjadi banjir di beberapa tempat di Nuangan. “Pada beberapa bulan lalu juga pas musim hujan pernah terjadi banjir yang merendam sekolah dan rumah warga. Kami berharap diakhir tahun ini tidak ada banjir,” tukasnya.

Daftar empat wilayah dan pantai di Boltim yang berpotensi longsor, banjir dan abrasi saat curah hujan tinggi.

Kecamatan :
– Modayag
– Modayag Barat
– Mooat
– Nuangan

Pantai :
– Baret, Tutuyan
– Motongkat
– Nuangan
– Jiko molobog
– Jiko belanga
Sumber BPBD Boltim, 15 November 2018. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here