Beranda Manado KKIG Manado Peringati Hari Patriotik 23 Januari Selama Sepekan, Simak Agendanya.

KKIG Manado Peringati Hari Patriotik 23 Januari Selama Sepekan, Simak Agendanya.

219
0
BERBAGI

MANADO lensasulut.com – Sambut peringatan Hari Patriotik 23 Januari Propinsi Gorontalo, warga Manado asal Gorontalo yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) kota Manado, menyelenggarakan berbagai kegiatan. Rangkaian agenda acara yang akan berlangsung selama sepekan ini diawali dengan Silaturahmi Tokoh dan sesepuh Gorontalo yang ada di Sulawesi Utara, pada Sabtu (19/1/2019) di Hotel Bersehati.

Kegiatan bertajuk ‘Gebyar Hari Patriotik Gorontalo’  ini dilanjutkan dengan kegiatan lomba jalan sehat yang diikuti oleh lebih dari seribu warga Gorontalo, dengan jumlah peserta 82 Tim, serta perorangan. Jalan sehat yang diawali dengan senam ini, menempuh rute start di Lapangan Sparta Tikala, dan finish di Lapangan Ketang Ternate Baru, Minggu (20/1/2019) pagi.

Lomba jalan sehat dan kegiatan lainnya kata Ketua KKIG Manado, Hi Amir Liputo SH, merupakan agenda rutin tahunan. Tujuan kegiatan lanjut Liputo, disamping untuk mengenalkan sejarah perjuangan 23 Januari, juga menjadi ajang silaturahmi sesama warga Gorontalo di Manado.

“Jalan sehat serta kegiatan lainnya menjadi agenda rutin tahunan dalam rangka memperingati hari bersejarah rakyat Gorontalo. Diharapkan dari berbagai kegiatan ini akan terjalin tali silahturahmi dan lebih mengeratkan hubungan kekerabatan diantara sesama warga Gorontalo yang ada di Manado,“ ungkap Liputo.

Sebelumnya pada pertemuan para tokoh dan sesepuh orang Gorontalo sebut ketua Panitia H. Sardino Lihawa, selain menjadi ruang bersilaturahmi antara warga KKIG dengan para orang tua, acara tersebut juga menjadi forum diskusi mengenai makna serta sejarah hari patriotik 23 Januari 1942

“Selain bersilaturahmi, acara pertemuan dengan para tokoh Gorontalo menjadi sangat penting dan menarik karena pada acara pertemuan tersebut juga, kita bisa mendengarkan diskusi tentang sejarah serta perkembangan Gorontalo,” sebut Lihawa.

Ketua KKIG Sulut H. Ismail Mo’o didamping pengurus KKIG Manado pada kegiatan jalan sehat.

Untuk agenda kegiatan lainnya dijelaskan Sekretaris panitia Muardi Rahmola, bahwa selain pertemuan para tokoh dan jalan sehat, kegiatan akan dilanjutkan dengan kunjungan anjang sana ke Panti Asuhan. Selanjutnya, KKIG Manado juga akan melakukan ziarah makam para tokoh dan pahlawan orang Gorontalo.

“Pada tanggal 23 Januari, KKIG akan melakukan ziarah ke makam para pahlawan Gorontalo, baik yang ada di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado, juga ke makam lainnya di pekuburan umum dan keluarga.” ujar Rahmola.

Seluruh kegiatan lanjur Rahmola, akan terus dilakukan seperti penyerahan bantuan kepada warga kurang mampu, hingga pada acara puncaknya tanggal 26 Januari.

“Pada puncak acara nanti, panitia akan melakukan Parade Gebyar Hari Patriotik Propinsi Gorontalo dengan Lomba Makanan Khas Gorontalo. Selain itu, panitia juga akan melaksanakan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah pemenang lomba,” tutup Rahmola. (t. jep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here