Beranda Manado Peringati Hari Patriotik, KKIG Manado dan Sulut Ziarah ke Makam Pahlawan.

Peringati Hari Patriotik, KKIG Manado dan Sulut Ziarah ke Makam Pahlawan.

100
0
BERBAGI
Ketua DPD KKIG Sulut dan Manado bersama rombongan saat berziarah di TMP Kairagi.

MANADO lensasulut.com – Hari ini tepatnya tanggal 23Januari, keluarga besar KKIG Manado dan Sulut melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado. Ziarah dalam rangka peringatan Hari Patriotik Gorontalo 23 Januari 1942 kata Ketua KKIG Manado H Amir Liputo SH, dilakukan selain di TMP Kairagi, juga ke pekuburan umum lainnya sebagai penghormatan terhadap para pahlwan dan tokoh Gorontalo pendahulu di Manado.

“Ziarah di TMP Kairagi kami lakukan di makam almarhum Rauf Mo’o, Yusuf hasiru, Kolonel Gobel, Max Pakaya, dan R katili. Kemudian lanjut ke pekuburan Banjer di makam almarhumah istri pak Rauf Mo’o, almarhum Juru Polontalo. Selanjutnya ke pekuburan Kampung Islam di makam anggota komite 12 almarhu Hasan Bajeber, lanjut ke pekuburan Islam Tuminting di makam almarhum Ahmad Najamudin, dan lanjut ke makam KH Fauzi Nurani dan istri, serta almarhum KH Hasjim Arsyad,” terang Liputo.

23 januari 1942 lanjut Liputo, merupakan peristiwa bersejarah, dimana pada saat itu pak Nani Wartabone memimpin perlawanan terhadap penjajahan tentara Belanda. Perlawanan rakyat Gorontalo itu berhasil dan tentara Belanda angkat kaki dari tanah Gorontalo. “Rakyat Gorontalo kemudian mengibarkan bendera Merah Putih dan mendeklarasikan kemerdekaan pertamanya pada tahun 1942,” ujarnya.

Anggota DPRD Propinsi Sulut, Amir Liputo yang kembali mencalonkan diri sebagai Calon Anggota DPRD Propinsi dari PKS Dapil Manado ini berharap, dengan kegiatan Gebyar Hari Patriotik 23 Januari, kita semakin cinta terhadap NKRI dan tidak melupakan sejarah bahwah pada Tahun 1942, di Gorontalo sang saka Merah Putih telah berkibar.

“Pesan yang saya sampaikan, sebagai warga masyarakat, mari kita jaga terus persatuan dan kita bangun Manado dan Sulut dengan keberagaman, dan KKIG menjadi perekatnya. Jadilah orang Manado asal Gorontalo yang taat dan cinta terhadap NKRI,” pesan Liputo.

Turut bersama rombongan dalam kegiatan ziarah, Ketua DPD KKIG Sulut H Ismail Mo’o, Sekertaris Suardi Hamzah, serta panitia pelaksana Gebyar Hari Patriotik dan segenap pengurus KKIG Manado. (jefry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here