Beranda Bolmong Timur Wartawan Online Boltim Gelar Pelatihan Jurnalistik.

Wartawan Online Boltim Gelar Pelatihan Jurnalistik.

144
0
BERBAGI
Foto bersama para jurnalis online Boltim.

BOLTIM lensasulut.com – Demi meningkatkan kualitas Kompetensi, Wartawan Online Biro Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), gelar pelatihan jurnalistik di ruangan Kantor Desa Bulawan, Kamis (24/01/2019).

Mengangkat tema bertajuk “New Media dan Tantangan Jurnalis di Era Multimedia”, Giat tersebut mendapat respon positif dari Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Boltim, Hamdi Egam.

Dalam sambutannya Hamdi Egam mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas para pewarta Biro Boltim tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena dalam peningkatan kompetensi wartawan harus ada pelatihan agar berkompeten. Makanya para wartawan media online patut meninggkatkan kualitasnya, agar mampu bersaing di kondisi saat ini. Seorang penulis harus mampu menulis, dan dikenal dengan tulisanya,” ujar Egam saat membuka acara.

“Bagi teman-teman wartawan dapat belajar bersama bagaimana itu jurnalis. Jurnalis harus berjiwa profesional, karena ini pekerjaan yang sangat mulia,” timpalnya.

Mantan Kabag Humas ini menekankan, wartawan harus menjaga etika dan estetika. “Media jangan disalah gunakan. Perlu diperhatikan wartawan harus menjaga etika dan estetika, rapi, baik sopan dan berwawasan”, sebutnya.

Sementara itu, Rikson Karundeng, salah satu pemateri yang juga penulis ‘Mapatik’ mengatakan, jurnalis adalah pekerjaan yang mulia dan pemberi informasi berita yang sesuai fakta.

Kata dia, Menulis berita harus sesuai kejadian fakta dan benar nyatanya. “Sumber harus jelas, bukan Hoax, serta tulisan yang beretika sopan, memuat semua informasi. Dan rumusnya sesuai penulisan 5W 1H,” kata Rikson.

Diketahui agenda tersebut dihadiri tiga penulis senior sebagai pemateri yaitu Rikson Karundeng, Andre Barahamin, dan Kalfein Wuisan, serta para awak media. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here