Beranda Manado BPBD Manado Imbau Warga Tidak Buang Sampah ke Sungai

BPBD Manado Imbau Warga Tidak Buang Sampah ke Sungai

97
0
BERBAGI
Kepala BPBD Manado Max Tatahede

Manado, lensasulut.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado meminta warga tidak membuang sampah sembarangan ke Daerah Aliran Sungai (DAS) guna mencegah banjir sehubungan curah hujan cenderung meningkat.

“Kami minta warga jangan sampai buang sampah ke sungai utama maupun anak sungai dan drainase,” kata Kepala BPBD Kota Manado Max Tatahede, Kamis (25/1/2019). Pembuangan sampah ke sungai itu tentu dapat menimbulkan banjir permukiman warga karena arus air tidak berjalan lancar. Saat ini, curah hujan di daerah itu cenderung meningkat dengan kapisitas ringan dan sedang. Peluang hujan tersebut berlangsung pagi, siang, sore, malam hingga dinihari, Tatahede mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah ke sejumlah sungai utama maupun anak sungai. Karena itu, apabila sungai tersebut dipadati sampah berserakan dipastikan arus air tidak berjalan lancar sehingga menimbulkan banjir.

“Kami berharap larangan buang sampah ke sungai ditaati oleh warga,” katanya menjelaskan.  Menurut dia, pengalaman banjir beberapa tahun lalu diantaranya penyumbang banjir ke permukiman warga akibat tumpukan sampah yang berserakan.  Tumpukan sampah itu mengakibatkan arus debit air tidak berjalan sehingga meluap ke permukiman warga yang lokasinya berdekatan dengan sungai tersebut. “Kami yakin banjir itu dapat diantisipasi jika warga tidak membuang sampah ke sungai,” katanya.  (Rahmat Surat/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here