Beranda Bolmong Raya Babinsa Mopusi Dampingi Petani Bajak Sawah.

Babinsa Mopusi Dampingi Petani Bajak Sawah.

129
0
BERBAGI

BOLMONG lensasulut.com – Babinsa Koramil 1303-04/Lolayan Serda Udin melaksanakan pendampingan terhadap petani dengan ikut dalam membajak sawah di lahan seluas 1 hektare milik Eman Simbala, seorang anggota kelompok tani “Palow” di Desa Mopusi Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (29/01/2019).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serda Udin mengatakan, bahwa pembajakan areal sawah ini dilakukan sebagai upaya percepatan tanam di wilayah binaannya, bertepatan dengan datangnya musim penghujan. Menurutnya, pengolahan menggunakan traktor bukan hal baru dalam pengolahan lahan untuk dijadikan lahan yang siap untuk ditanami.

“Dengan menggunakan hand traktor ini, ada sejumlah keuntungan yang didapat, diantaranya gulma atau rumput liar akan mati kemudian membusuk menjadi humus sehingga menambah kesuburan tanah,” terangnya.

“Tidak kalah penting, pada saat mengolah sawah petani perlu memperhatikan pematang sawah dan saluran air agar mudah dalam pengaturan irigasi pertanian sehingga akan mempermudah dalam perawatan tanaman,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Eman Simbala mengatakan “saya tidak mengira bapak Babinsa ternyata pandai mempergunakan traktor. Tahu begini saya tidak sewa traktor cukup minta tolong Babinsa” katanya sambil bercanda disela-sela membajak sawah.

Terlepas dari itu semua, Eman mengatakan bahwa kegiatan pendampingan oleh babinsa terhadap petani merupakan kegiatan yang sangat positif sekali, dengan kegiatan ini hubungan antara petani/ masyarakat terhadap TNI menjadi erat, kita masyarakat kecil berharap kegiatan ini terus ada agar petani merasa aman, nyaman dan tentram.

Pada kesempatan lain, Plh Komandan Koramil 1303-04/Lolayan Pelda Rein Pongoh mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan para babinsa sebagai upaya untuk menyukseskan program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah khususnya padi, jagung dan kedelai diwilayah desa binaan masing – masing. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here