Beranda Bolmong Timur Pemdes Tutuyan Tiga Intensifkan Data Kependudukan.

Pemdes Tutuyan Tiga Intensifkan Data Kependudukan.

171
0
BERBAGI
Foto: Imran Pakaya

BOLTIM lensasulut.com – Pemerintah Desa (Pemdes)Tutuyan Tiga, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terus memacu data kependudukan. Hal ini sebagaimana disampaikan Sangadi (Kepala Desa) Tutuyan Tiga, Imran Pakaya saat disambangi dikediaman pribadinya, Selasa (29/1/19).

Kepada wartawan Pakaya mengatakan, sekarang ini lagi ada kegiatan pendataan kependudukan, dimana  tanggal 30 Januari batas waktu dari desa untuk memasukan data ke kecamatan.

Sangadi yang baru dilantik ini menambahkan, dilihat dari keadaan masyarakat saat ini, banyak warga yang keluar masuk daerah dan tidak mengurus surat pindah kependudukan. “Makanya pendataan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan desa tidak lengkap dalam administrasi,” katanya.

Sangadi menekankan, kiranya masyarakat khususnya Tutuyan Tiga, untuk dapat membantu dan bekerjasama dengan pemerintah desa dalam hal kependudukan.

“Agar sinkron data dari desa dan yang ada di kecamatan sampai ke Dinas Capil. Misalnya data Kartu Keluarga (KK), jika ada yang harus dirubah, maka secepatnya dirubah. Sehingga untuk Indeks Pengetahuan Manusia (IPM), bisa ditinjau lagi baik dari desa sampai ke kabupaten,” paparnya.

“Tiap bulan akan turun tim untuk lakukan pendataan, dari perangkat desa ke wilayah masing2,” timpalnya.

Ditanya terkait dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Dirinya mengatakan telah mempersiapakan semua yang dibutuhkan.

“RPJMDes Tutuyan Tiga dalam tahap penyusunan dokumen, sudah masuk 40 persen persiapan. Namun Kami akan memacu penyusunan dokumen agar bisa masuk sebelum 12 Februari 2019 mengikuti aturan Kemendagri,” tutupnya. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here