Beranda Bolmong Timur Budidaya Kepiting Di Kotsel Siap Action.

Budidaya Kepiting Di Kotsel Siap Action.

542
0
BERBAGI
Peralatan Budidaya Kepiting Desa Kotabunan Selatan. (foto matt rey kartoredjo)

KOTABUNAN lensasulut.com – Rencana Pemerintah Desa (Pemdes) Kotabunan Selatan (Kotsel) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) untuk mengembangkan Budi Daya Kepiting, tahun ini akan direalisasi. Hal ini sebagaimana diungkapkan Sangadi (Kepala Desa) Kotsel, Rengga Paputungan kepada lensasulut.com, Rabu (6/2).

Kata dia, untuk persiapan terkait peralatan yang akan dipakai dalam pengembangan budidaya kepiting sudah siap dan tinggal menunggu selesai pembahasan laporan keuangan desa, kemudian akan dimulai.

“Peratan yang akan digunakan seperti Bui, Jangkar, pipa, keranjang. genset, dan tiga unit perahu sudah siap. Kami akan action sekitar akhir Februari, selesai bahas laporan keuangan di desa,” ujar Paputungan saat disambangai di ruang kerjanya.

“Anggaran yang disediakan sebesar 374 juta bersumber dari Dana Desa (DD). Sisa dari pembelian alat-alat itu, Dana yang tersisa masih sekitar 180 juta. Dan itu untuk persiapan pembelian makanan kepiting dan biaya oprasional,” papar Paputungan.

Sangadi termuda di Boltim ini menambahkan, untuk mengelola budidaya kepiting itu, pihaknya akan serahkan ke Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) tujuannya agar masyarakat bisa mendapat lapangan kerja.

Untuk mempercepat program ini lanjut Paputungan, pihaknya akan segera membentuk pengurus Bumdes yang baru. “Karena ini mengelola uang negara, Kami akan bentuk Pengurus Bumdes baru yang lebih pro aktif,” ungkapnya.

“Muda-mudahan akhir bulan Februari ini kami sudah mulai action karena semua peralatannya sudah ada,” tuntasnya. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here