Beranda Publika Ribuan Mahasiswa Potensi Golput, Ini Langkah KPU Sulut.

Ribuan Mahasiswa Potensi Golput, Ini Langkah KPU Sulut.

399
0
BERBAGI
Ardiles Mewoh

MANADO lensasulu.com – Ribuan mahasiswa luar daerah yang sedang studi di Manado berpeluang jadi golput. Keengganan untuk kembali ke kampung halaman menjadi penyebab utama. Salah satu mahasiswa dari Talaud yang sedang studi di Manado memastikan dirinya tak akan menggunakan hak pilih pada pemilu nanti. Alasannya karena harus buang biaya untuk pulang kampung.

“Mau memilih harus buang anggaran. Opsi dari KPU untuk pindah memilih juga sama buang anggaran sebab harus diurus di KPU daerah asal. Jadi lebih baik tak memilih dari pada harus keluar ongkos,” jelasnya sembari meminta namanya disimpan.

Menyikapi hal ini, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh meminta semua mahasiswa dari luar daerah agar tidak golput dan tetap menggunakan hak pilihnya. “Jangan golputlah. KPU tetap menjamin hak suara anda,” kata Mewoh, Kamis (28/2) di ruang kerjanya.

KPU lanjut Mewoh juga sudah melakukan sejumlah langkah supaya mahasiswa bisa memilih. Salah satunya dengan mengeluarkan aturan pindah memilih. Aturan ini bertujuan memberikan kemudahan pada warga yang tidak berada di tempat saat pemilu. Contohnya mahasiswa Talaud, tetap bisa memilih tapi surat suara yang diberikan hanya DPRD Provinsi, DPR RI, DPD serta Presiden.

Sedangkan untuk DPRD kabupaten kota tidak diberikan karena sudah lain dapil. Sedangkan untuk mahasiswa di luar Sulut seperti dari Maluku atau Papua, surat suara yang akan diberikan hanya presiden saja.
Langkah lain yang ditempuh adalah dengan melakukan sosialisasi terhadap mahasiswa.

“Kami akan coba dekati lagi dan memberikan pemahaman pada mahasiswa dari luar daerah supaya bisa berpartisipasi pada pemilu nanti,” tandasnya. (fat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here