Beranda Manado Ribuan Surat Suara Mulai Dilipat, Ada Larangan Khusus Bagi Petugas Pelipat.

Ribuan Surat Suara Mulai Dilipat, Ada Larangan Khusus Bagi Petugas Pelipat.

368
0
BERBAGI
Foto Pelipatan surat suara yang dipantau langsung Ketua KPU Manado Sunday Rompas.

MANADO lensasulut.com – KPU Manado mulai melakukan pelipatan surat suara. Pelipatan dipusatkan SMK 2 Manado dimulai hari ini, Kamis (28/2). Surat suara yang dilipat khusus DPRD Kota, DPRD Provinsi dan DPR RI. Sedangkan surat suara khusus DPD dan capres akan menyusul.

Menariknya, ada larangan khusus bagi petugas pelipat surat suara. Komisioner KPU Manado Syahrul Setiawan menjelaskan, pelipatan dilakukan oleh ratusan petugas. “Tak hanya dilipat, tapi juga dilakukan penyortiran. Makanya kami meminta kalau ada yang rusak langsung dilaporkan,” jelasnya.

Lanjutnya, lokasi pelipatan sangat steril dan tidak boleh ada gangguan. Bahkan, petugas pelipatan dilarang merokok, foto atau selfi serta makan minum dalam ruangan. Puluhan personil kepolisian juga dikerahkan untuk mengamankan proses pelipatan.

Ditambahkan, pelipatan dilakukan tanpa batas waktu. Namun ditargetkan harus selesai secepat mungkin. Sedangkan untuk surat suara DPD dan Capres masih menunggu pengiriman. “Surat suaranya akan dicetak di Makasar. Kalau sudah selesai langsung dikirim ke Manado dan segera dilipat,” tukasnya. (fat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here