Beranda Bolmong Timur Dispen Boltim Bangun RKB di Desa Bulawan Dua.

Dispen Boltim Bangun RKB di Desa Bulawan Dua.

531
0
BERBAGI

KOTABUNAN lensasulut.com — Dinas Pendidikan (Dispen) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), telah membangun 1 (satu) Ruangan Kegiatan Belajar mengajar (RKB) kelas jauh bertempat di Desa Bulawan Dua, Kecamatan Kotabunan. Tujuan dari pembangunan kelas jauh itu untuk menampung siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Bulawan Kecamatan Kotabunan.

Demikian Kepala Dispen Boltim, melalui Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Sujibto, Kepada  media ini, Selasa (19/3).

Dia menyebut, RKB atau Kelas jauh itu masih menyatu dengan sekolah yang awal, yakni SDN 1 Bulawan, kemudian ada rintisan warga belajar, sehingga ada rintisan gedung baru. Tujuannya untuk menampung anak-anak siswa di Bulawan Dua khususnya di Lorong Baigon.

“Kelas jauh yang ada di Lorong Baigon Desa Bulawan Dua, itu dibangun melalui dana Anggara Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) dan akan difungsikan ketika di 2019 ada penerimaan murid baru,” ungkap Sujipto.

Untuk prosesi belajar mengajar lanjut Sujipto, ada guru yang memang ditetapkan untuk mengajar di RKB itu. “Tapi bukan berarti guru baru yang ditempatkan disitu (kelas jauh-red). Dia menyatu dengan SDN 1 Bulawan. Jadi tenaga pengajar yang ditugaskan disitu (Kelas jauh-red) yang memang guru dari sana artinya masuk dalam Lingkup SDN 1 Bulawan,” terangnya.

“Tahun berikut kalau ada di alokasikan dana untuk penambahan RKB, kelas satu naik kelas dua, berarti tahun depan kami akan pikirkan untuk penambahan RKB minimal ditambah dua untuk persiapan kelas satu naik ke kelas dua, dan kelas dua naik ke kelas tiga,” timpalnya.

Menurut Sujibto, Program tersebut tidak serta merta tapi harus bertahap. “Tahapannya ada tiga pertama, kami harus bangun satu RKB untuk penerimaan siswa baru.  Kemudian kami persiapkan satu RKB dari kelas satu naik ke kelas dua kemudian kami persiapkan lagi dari kelas dua naik ke kelas tiga. Bahkan  2020 ketika ada ketersediaan dana dari Pemerintah Daerah ke Dinas Pendidikan, berupa DAU, maka otomatis kita bangun kelas empat lima dan enam agar supaya  kelas 123 sampai 6 sudah di situ (Bulawan Dua-red),” kunci Sujibto. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here