Beranda Bolmong Raya Babinsa Koramil 1303-06 Bantu Petani Tentang Cara Pengolahan Tanah.

Babinsa Koramil 1303-06 Bantu Petani Tentang Cara Pengolahan Tanah.

356
0
BERBAGI

B O L S E L lensasulut.com — Tujuan utama dari pengolahan dengan penggemburan tanah untuk menaikkan unsur hara yang di bawah tanah agar naik dan bisa rata menjadi satu dengan tanah yang lainnya. Tidak hanya itu saja, tanah yang gembur juga memudahkan perkembangan pertumbuhan akar tanaman serta resapan air yang dibutuhkan tanaman bisa merata.

Mengingat penggemburan adalah tahap penting, Kopda Dedy Maramis anggota Babinsa Koramil 1303-06/Pinolosian membantu Bapak Frans Bawole tentang cara pengolahan tanah agar menjadi gembur dengan baik, yang bertempat di Desa Dumagin Kecamatan Pinolosian Timur Kabupaten Bolsel, Kamis (28/03/2019).

Kopda Dedi Maramis menjelaskan, alat yang dipakai dalam proses menggemburkan tanah bisa menggunakan mesin pembajak ataupun secara tradisional dengan menggunakan cangkul, tergantung kondisi tanahnya. Dalam melaksanakan penggemburan, Kopda Dedi Maramis sedikit memberikan ilmu menggemburkan tanah.

“Kalau bisa tanah cangkulan yang bagian atas usahakan bisa terbalik dengan maksud agar tanah yang bagian atas yang kaya akan bahan organik bisa rata terserap,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, dalam penggemburan usahakan batas pinggir lahan dibuatkan parit atau selokan, bertujuan sebagai penampung air atau sebagai aliran air, untuk kedalaman tergantung apa yang akan ditanam. Seperti contoh sayur-sayuran untuk kedalamannya sekitar 30 cm, sedangkan untuk tanaman padi sekitar 50 cm.

“Sebagai seorang Babinsa, saya berusaha memberikan yang terbaik, meyakinkan petani agar tetap optimis bahwa dengan bertani bisa mensejahterakan perekonomian keluarga dan kehidupan rakyat Indonesia, karena salah satu hasil petani yaitu beras merupakan salah satu kebutuhan bahan pokok dalam hal pangan bagi rakyat Indonesia,” tutup Kopda Dedi Maramis. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here