Beranda Bolmong Timur Pencairan Dandes Terhambat, Ini alasannya.

Pencairan Dandes Terhambat, Ini alasannya.

470
0
BERBAGI
(gambar ilustrasi)

BOLTIM lensasulut.com — Pencairan Dana Desa (Dandes) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terhambat. Penyelesaian penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) jadi penyulut.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Boltim, Fitra Damopolii mengatakan, dari 80 desa yang ada, baru 16 desa yang selesai memposting dan menyusun APBDes.

Lebih jauh Fitra mengatakan, APBDes merupakan persyaratan utama untuk pencairan Dandes tahap satu. Sehingga lanjutnya, Pemkab memberikan kesempatan kepada desa yang belum selesai hingga pekan depan.

“Pekan depan 64 desa harus selesai APBDes nya. Agar proses kegiatan yang tertata di APBDes bisa dimulai,” ungkapnya Senin (8/4).

“Bagi 16 desa yang Dandesnya sudah cair bisa segera membayarkan gaji para perangkatnya bulan ini karena Juni sudah masuk tahap dua. Jika sampai Mei tidak selesai Dandes tahap satu hangus,” tegasnya.

Terpisah, Sangadi Atoga Timur, Kano Ngato mengatakan, proses APBDes di desanya telah selesai disusun bulan lalu. Sehingga Dandes sudah dicairkan. “Sekarang kami sementara melaksanakan kegiatan tahap pertama sesuai yang tertera di APBDes,” singkatnya. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here