Beranda Religi Dibuka Gubernur, Ratusan Peserta STQH Bersaing Rebut Juara.

Dibuka Gubernur, Ratusan Peserta STQH Bersaing Rebut Juara.

121
0
BERBAGI

MANADO lensasulut.com — Sebanyak 102 peserta dari 15 kabupaten kota, mengikuti Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) ke XXV tingkat Provinsi Sulut. Kegiatan ini dibuka Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Rabu (10/4) di Wisma Haji, Manado.

Gubernur mengatakan, dibutuhkan koordinasi dalam meningkatkan semua kegiatan keagamaan. “Saya akan meminta semua kabupaten kota untuk lebih meningkatkan koordinasi terutama soal pembinaan,” kata Olly.

Gubernur juga menyinggung soal pembangunan infrastruktur harus dibarengi dengan pembangunan iman. Salah satunya dengan mengintensifkan kegiatan seperti STQ. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ketua LPTQ Sulut H Herson Mayulu sempat menyinggung soal antusiasme daerah yang sudah melaksanakan seleksi. Namun yang menarik, daerah mayoritas non muslim yang paling awal melaksanakan kegiatan. Sementara yang mayoritas muslim terkesan lambat. “Ini yang harus dipacu lagi,” pintanya.

Mayulu juga mengatakan, prestasi Sulut di tingkat nasional sudah lebih baik. Karena sekarang sudah masuk urutan 26 se-Indonesia. Mayulu menekankan, untuk meningkatkan prestasi harus ditunjang dengan pembinaan yang lebih intens.

Mayulu juga meminta adanya perhatian pemerintah daerah terkait pembinaan dan pelaksanaan STQ. “Diakui dana untuk kegiatan seperti ini masih sangat kecil. Saya berharap kedepan alokasi anggaran untuk kegiatan seperti ini bisa lebih besar,” ujarnya.

Kepala Kanwil Kemenag Sulut Dr H Abdul Rasyid MAg mengakui alokasi anggaran yang masih sangat kecil. “Harapannya tahun depan dana hibah bisa lebih besar,” harapnya sembari menambahkan, kegiatan keagamaan seperti ini bertujuan untuk meningkatkan toleransi umat beragama. “Sulut harus jadi laboratorium toleransi antar umat beragama,” tutupnya. (fat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here