Beranda Bolmong Timur Hulalata: Agar Puskesmas Kotabunan Mendapat Akreditasi Paripurna, Kita Harus Komitmen.

Hulalata: Agar Puskesmas Kotabunan Mendapat Akreditasi Paripurna, Kita Harus Komitmen.

117
0
BERBAGI

KOTABUNAN lensasulut.com — Plt Sangadi Bulawan Dua, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Rahman Hulalata berujar, Jika Puskesmas Kotabunan mendapatkan akreditasi paripurna, harus punya komitmen.

“Intinya kita harus punya kometmen. Kami dan ketua MUI serta bapak ibu para kader kesehatan menyatakan dukungan bagi Puskesmas Kotabunan. Muda-mudahan ada solusi kalau bisa, kita paripurna. Kalau kita jatuh, pastikan kita ada di utama jangan kembali ke dasar,” ketus Hulalata belum lama ini.

“Waktu masih banyak. Masih banyak Peluang memperbaiki segalah kekurangan, segalah kelemahan, segalah hal-hal yang membatasi kita. Intinya sekarang koordinasi dan konsultasi. Kita harus menghilangkan ego kita masing-masing. Ketika dokter selaku penanggung jawab sudah membagikan tugas tugas bukan berarti yang lain sudah tidak bisa kerja lagi, tapi saling menunjang, saling mendukung, agar apa yang sudah kita rencanakan  apa yang menjadi kekurangan kita bisa kita kerja sama-sama,” timpalnya.

Plt Sangadi Bulawan Dua, yang juga Camat Kotabunan ini menambahkan, dari segi estetika, Puskesmas Kotabunan hanya sedikit polesan saja agar masyarakat yang berkunjung akan betah dan merasa sehat.

“Dari segi estetika, Puskesmas ini (Puskesmas Kotabunan,red) tinggal bagaimana membenahi dan memperindah. Kalau masyarakat yang datang mereka melihat Puskesmas begitu indah, otomatis biar sakit mereka akan merasa sehat. Karena dari segi estetika puskesmas sudah mengundang masyarakat bisa berlama-lama, bisa betah dan bisa jadi sehat,” tutur Hulalata.

“Bukan sebaliknya. Datang disini, (Puskesmas,red) sedangkan pengunjung yang mendampingi pasien bisa sakit. Nah paradigma itu yang harus kita rubah,” sambungnya.

Menurut Hulalata, yang menjadi tantangan kedepan untuk mencapai paripurna adalah managemen.

“Managemen  yang menjadi tantangan bagi Kepala Puskesmas, para dokter, juga Dinas Kesehatan. Nantinya potensi yang ada ini, baik sumberdaya manusia maupun fasilitas basic yang sudah mantap ini, agar dapat dimaksimalkan,” kunci Hulalata. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here