Beranda Bolmong Timur Pemdes Bulawan Dua Akan Deklarasi Desa Bebas BABS.

Pemdes Bulawan Dua Akan Deklarasi Desa Bebas BABS.

66
0
BERBAGI
Sekdes Bulawan Dua, Imran Kodu (kiri) bersama Plt Sangadi Bulawan Dua, Rahman Hulalata.

KOTABUNAN lensasulut.com — Guna menuju Desa terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Pemerintah Desa (Pemdes) Bulawan Dua Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan mendeklarasikan Desa bebas dari BABS.

Demikian Sangadi (Kepala Desa) Bulawan Dua, melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Imran Kodu, kepada media ini, Rabu 15/5).

Rencananya kami usai bulan Ramadhan, akan mendeklarasikan Desa Bebas Buang Air Besar (BABS) Tujuannya agar sudah tidak adalagi warga Bulawan Dua yang buang air besar sembarangan,” ujar Imran.

Kenapa secepatnya akan kami deklarasikan? karena setelah deklarasi, itu yang menjadi semangat kami sebab ada sekitar 9 rumah yang akan kami bantu untuk dibangun WC,” sambungnya.

Bantuan yang akan diberikan ke 9 rumah itu lanjut Imran, berupa kloset dan septikteng. Selebihnya harus ada swadaya dari warga yang mendapat bantuan tersebut.

“Kurang lebih sembilan rumah kami akan bantu agar sudah ada WC. Bantuan yang akan kami berikan berupa Kloset dan septikteng, selebihnya swadaya dari pemilik rumah itu sendiri,” ungkapnya, sembari berharap agar komitmen bebas BABS tidak hanya datang dari pemerintah tetapi harus dari kemauan kuat masyarakat agar menghilangkan BABS. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here