Beranda Bolmong Timur DAK Tahun 2019 Tahap 1 Mulai Dicairkan

DAK Tahun 2019 Tahap 1 Mulai Dicairkan

251
0
BERBAGI
Syamsumarlin ST

TUTUYAN LensaSulut.com – Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Bolmong Timur (Boltim) tahap 1 tahun anggaran 2019 sebagian mulai akan ditransfer pihak Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kotamobagu ke Kas Daerah (KASDA) pada Kamis (23/5).

Demikian Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Boltim, melalui Kepala Seksi Pelaporan dan Dana Transfer, Syamsumarlin ST kepada wartawan, Rabu (22/5).

Kata dia, ditransfer terlebih dahulu merupakan DAK dari Dinas Pariwisata (Dispar) sebab mereka sudah lebih dahulu menginput kegiatannya lewat Online Monitoring System Perbendaharaan Anggaran Negara (OMSPAN).

“Jumlah DAK tahap satu Dispar ini sekitar Rp 480 an juta. Ini karena berkasnya sudah diajukan sejak selasa (21/5) kemarin dan prosesnya ini hanya sehari karena dibawah 1 miliar.” jelasnya.

Sementara itu untuk DAK tahap satu  SKPD lainnya seperti Diknas sesuai informasi mulai pekan depan ditransfer. Prosesnya 5 hari karena diatas Rp 1 miliar.

“Untuk Diknas jumlahnya Rp 4,2 miliar, kegiatan mereka juga sudah di input ke Omspan. Tadi saya cek ke KPPN Kotamobagu hari ini Rencana Penarikan Dana (RPD) dari kas negara untuk ditransfer ke kasda Boltim.” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk DAK tahap 1 SKPD lain itu belum sebab kegiatan fisik mereka belum di input di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Boltim. Tuturnya, tahun ini mekanisme transfer DAK lebih mudah dari sebelumnya.

“Tahun ini pencairan DAK lebih mudah yakni minimal itu 1 kontrak kegiatan fisik SKPD pengelola jika sudah di input ke Omspan bisa langsung kami ajuakan pencairan DAK tahap 1 ke KPPN. Dan sekarang ini sudah persyaratan akhir.” jelas Syamsumarlin. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here