Beranda Bolmong Timur Proses Lelang 85 Kendis Pemkab Boltim Masih Menunggu Kesiapan KPKNL.

Proses Lelang 85 Kendis Pemkab Boltim Masih Menunggu Kesiapan KPKNL.

340
0
BERBAGI
Foto: Kendaraan Dinas Pemkab Boltim

TUTUYAN lensasulut.com — Sebanyak 85 unit kendaraan dinas (Kendis) roda empat maupun roda dua milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) masih menunggu Proses lelang.

Kepala Bidang (Kabid) Aset Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Ridel Ambarak menyatakan, semua dokumen terkait lelang aset sudah diserahkan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) sebanyak 85 unit Kendis, masing-masing 48 unit Mobil dan 37 unit Motor.

Menurutnya, dari sejumlah Kendis yang dilelang sudah melalui penilaian. Tinggal menunggu kesiapan KPKNL.

“Aset yang akan dilelang sudah melalui masa pemakaian minimal delapan tahun. Mulai dari pengadaan 2008 hingga 2011,” ujarnya.

Proses lelang lanjut dia, dilakukan langsung oleh KPKNL, bagian aset hanya memfasiltasi berkas berita acara.

“Bagi mereka yang berminat nanti saat lelang bisa mengikuti lelang oleh KPKNL,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala BPKPD, Oskar Manoppo mengatakan, penilaian aset dilakukan oleh KPKNL.

“Penilaian aset oleh KPKNL, sebagai lembaga yang memiliki kewenangan untuk menilai aset. Kemungkinan dalam waktu dekat ini aset akan dilelang,” kata Manoppo.

Dijelaskannya, hasil lelang Kendis ini nantinya akan dimasukan dalam kas daerah.

“Dari hasil lelang, nantinya akan menambah pendapatan daerah,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Sehan Landjar, SH mengaku, lelang aset bertujuan melakukan penghematan anggaran, agar kebutuhan program langsung kepada masyarakat bisa terealisasi.

“Lelang aset ini adalah bagian untuk menghemat anggaran. Kedepan, pejabat Eselon II tidak lagi difasilitasi Kendis namun diberi uang trasportasi sebesar Rp8 juta setiap bulan. Per tahun dana dikeluarkan Rp2 miliar, menurut saya itu lebih efisien sebagai penghematan anggaran di bandingkan fasilitas Kendis belum ditambah biaya perawatan yang cukup besar,” jelas Bupati dua periode ini. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here