Beranda Manado Resmi Dikukuhkan, UPZ Masjid Nurul Huda Serahkan Bantuan Pendidikan.

Resmi Dikukuhkan, UPZ Masjid Nurul Huda Serahkan Bantuan Pendidikan.

161
0
BERBAGI

MANADO LensaSulut.com — Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Nurul Huda, Kelurahan Ketang Baru, Kecamatan Singkil, Kota Manado mengadakan kegiatan Penyerahan Bantuan Biaya Pendidikan Masyarakat Miskin kepada puluhan anak di Kelurahan tersebut. Acara ini dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus UPZ, yang dilakukan langsung oleh ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Manado, Hi. Ubaidilah Ma’ruf, SE, di Masjid Nurul Huda Kelurahan ketang baru, Sabtu (6/7/2019) malam.

Dalam arahan sambutannya, ketua Baznas Kota Manado berharap kepada UPZ Masjid Nurul Huda yang baru dilantik, kiranya dapat melaksanakan tugas sesuai dengan amanat yang tertuang di dalam Surat Keputusan (SK) pengurus. Dia pun merasa bersyukur serta berterima kasih dan mengapresiasi kepada UPZ Masjid Nurul Huda. Karena menurutnya, belum semua masjid yang ada di kota Manado memiliki UPZ karena terkendala belum ada kesediaan dari Badan Takmir Masjid (BTM) atau Keimaman.

“Hal ini setelah ditelusuri, ternyata masih ada kesalahpahaman di internal Masjid. Jadi sebenarnya UPZ bukan saingannya dari BTM atau Keimaman. UPZ bekerja dengan didasari oleh undang-undang, oleh sebab itu bisa melakukan pengumpulan serta menngelola Zakat, Infaq, dan Sedekah, kemudian melaporkan kepada Baznas,” seru Ma’ruf, sembari mengingatkan agar UPZ selalu melakukan koordinasi serta menjalin kerja sama dengan pemerintah kelurahan, BTM, dan Imam.

Pengukuhan diawali dengan pembacaan amanat Surat Keputusan kepengurusan UPZ yang dibacakan oleh Wakil Ketua Baznas Manado, Hi. Syarief Wakid, disertai dengan mengundang berdiri nama-nama pengurus yang akan dikukuhkan.

Sebelumnya selaku pembina UPZ, Sofyan Lapasau pada sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya UPZ ini, nantinya penggalangan dan penyaluran zakat, infaq, dan sedekah dari jama’ah akan berjalan dengan baik dan kontinyu.

“Karena selama ini UPZ terkesan hanya bekerja setahun sekali, itupun nanti disaat bulan Ramadhan, Jadi nantinya tidak terkesan seperti itu lagi, sehingga diharapkan kepada seluruh pengurus untuk bekerja setiap saat. Karena ada yang namanya zakat profesi yang setiap bulan akan disalurkan lewat UPZ ini. Kami sebagai pembina berharap kepedulian kita lewat UPZ akan membawa berkah dan manfaat bagi kita semua,” ujar Lapasau.

Sementara, ketua UPZ Nurul Huda, Raflin Yusuf dalam laporannya menyampaikan bahwa pemberian Bantuan Biaya Pendidikan Masyarakat Miskin dilakukan setiap bulan selama satu tahun.

“Pemberian dilakukan setiap bulan, kepada anak siswa SD, SMP, dan SMA dari kategori keluarga miskin. Dan setiap tahun digulirkan kepada kepada anak-anak lainnya yang tahun sebelumnya belum mendapatka bantuan ini,” jelas Raflin.

Pengukuhan UPZ oleh Baznas Manado, dan penyerahan bantuan pendidikan ini turut disaksikan oleh pembina dan mantan ketua Baznas Manado Hi. Helmi Bachdar, Lurah Ketang Baru Moh. Djabir Awal SH, Ketua Badan Takmir, Ketua LPM, Imam, tokoh agama dan Masyarakat. (jeff)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here