Beranda Publika Pengidap Penyakit Ini Dilarang Mencabut Gigi Oleh Dokter

Pengidap Penyakit Ini Dilarang Mencabut Gigi Oleh Dokter

228
0
BERBAGI
Foto: Kepala Puskesmas Kotabunan, dr. Marzuki Abdul

KOTABUNAN lensasulut.com — Jika ingin melakukan cabut gigi, sebaiknya memperhatikan tiga penyakit ini agar tidak berakibat fatal bagi pasien.

Menurut Kepala Puskesmas (Kapus) Kotabunan, dr. Marzuki Abdul, hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum mencabut gigi adalah mengetahui kondisi tubuh dari pasien serta riwayat penyakit yang sedang atau pernah dideritanya.

“Sebelum melakukan anastesi, (Tindakan menghilangkan rasa nyeri) harus menawarkan monitoring. dimana petugas harus menanyakan riwayat pasien dulu, agar tidak berdampak buruk bagi pasien,” ujar  Marzuki, Minggu (14/7).

Sementara itu, Fenny, salah satu staf di Dinas Kesehatan, yang juga mantri gigi, menjelaskan, pasien tidak bisa melakukan pencabutan gigi jika ada riwayat penyakit Diabetes, Tekanan darah tinggi (Hipertensi) dan Penyakit Jantung.

“Pasien tidak bisa dicabut giginya jika ada penyakit Gula, darah tinggi dan jantung. Sebab jika pasien mengalami penyakit tersebut, misalnya Gula, akan sulit sembuh jika terjadi luka. Sementara semua orang tahu bahwa mencabut gigi akan menimbulkan luka bolong yang besar. Karena itu sebaiknya mengontrol gula darah terlebih dahulu, jika kadarnya sudah normal maka gigi boleh dicabut,” kata Fenny belum lama ini.

“Begitu juga saat tekanan darah sedang tinggi, maka tekanan yang dihasilkan di pembuluh darah juga besar. Jika dilakukan cabut gigi, maka bisa menyebabkan pendarahan atau darah susah sekali dihentikan,” sambungnya.

Orang yang memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti jantung lanjut Fenny, sebaiknya memeriksakan kondisi kesehatannya terlebih dahulu sebelum mencabut gigi. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here