Beranda Bolmong Timur FDM 2019, Dispar Gelar Lomba Memasak.

FDM 2019, Dispar Gelar Lomba Memasak.

92
0
BERBAGI
Ketua TP-PKK Boltim, Nursiwin Landjar Dunggio saat menyampaikan sambutan.

MOOAT lensasulut.com — Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar Festival Danau Mooat (FDM) tahun 2019 berempat di lokasi wisata Danau Mooat, Kecamatan Mooat, Kamis (18/7).

Beragam kegiatan digelar, salah satunya Lomba memasak yang diikuti Tim Pembardayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari 7 Kecamatan se-Boltim.

Agenda tersebut dibuka oleh Wakil Bupati (Wabub) Boltim, Rusdi Gumalangit, dan dihadiri Ketua TP PKK, Ny. Nursiwin Dunggio, dan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Boltim.

Selaku tim penilai, Ketua TP-PKK Ny. Nursiwin Dunggio, dalam sambutannya mengatakan, Festival lomba memasak kali ini yang dinilai adalah cita rasa, kebersihan serta cara penyajian. Nursiwin berharap peserta yang ikut fesival lomba jangan kecewa jika belum mendapat juara karena tahun berikutnya akan diadakan lomba yang sama.

“Peserta yang belum mendapat juara pada hari ini yang tidak mendapatkan juara jangan kecewa karena kita akan ikut tahun-tahun berikutnya,” kata Umi Fuad (sapaan akrab Nursiwin).

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabub) Boltim, Rusdi Gumalangit saat membuka lomba memasak tersebut mengatakan, sejumlah kegiatan yang dilaksanakan merupakan upaya untuk memperkenalkan objek wisata, serta wisata kuliner di Kabupaten Boltim.

Menurutnya, festival ini menjadi barometer, dimana para peserta yang ikut dari kecamatan-kecamatan agar mampu memperagakan memasak ikan Payangga.

“Lomba memasak kali ini harus dikemas dengan baik sebab ini menjadi bagian dari makanan tradisional,” Kata Wabub, sembari berharap kegiatan Dispar ini, camat sangadi dan SKPD harus terlibat untuk melaksanakan membantu kegiatan ini,” asa Gumalangit.

Sementara itu, selaku penggagas, Kepala Dinas (Dispar) Boltim, Rizky Lamaluta mengatakan, kegiatan ini dinamakan Vestifal Danau Mooat (FDM) yang ke dua tahun 2019.

Kata Rizky, vestifal ini diadakan untuk rangkaian event sebagai bagian atraksi untuk mendatangkan tamu-tamu ke Boltim. Sebelumnya lanjut Kadis, pihaknya telah mempromosikan tentang alam, pantai dan bawah laut. Kali ini yang kita promosikan adalah makanan khas Boltim.

“Kita tahu persis bahwa ada dua jenis ikan disini (Boltim-red) yaitu sogili dan payangga. Nah ini yang akan kita ekspolitasi sehingga menjadi kuliner khas Kabupaten Bolaang Mongondow Timur,” ketus Rizky, Kamis (18/7).

Lebih jauh Rizky mengatakan, tujuan diadakan vestifal ini, agar wisatawan ke boltim akan lebih meningkat dimana Bolaang Mongondow Timur dikenal sebagai Kabupaten yang mempunyai potensi wisata yang lebih lengkap, Kunci Lamaluta. (matt rey kartoredjo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here