Beranda Bolmong Timur Ciptakan Kondusifitas, Pemdes Tutuyan-2 dan PKT Aktifkan Pos Kamling.

Ciptakan Kondusifitas, Pemdes Tutuyan-2 dan PKT Aktifkan Pos Kamling.

57
0
BERBAGI

TUTUYAN lensasulut.com — Guna menciptakan kondusifitas terhadap masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Tutuyan 2 dan Pemuda Karang Taruna (PKT) Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bersinergi menjaga keamanan desa.

Demikian dikatakan Sangadi (Kepala Desa) Tutuyan 2, Hartono Buntuan, Selasa (6/8).

“Kami selaku Pemdes, menindaklanjuti usulan dari Pemuda bahwa akan mengaktifkan Pos Keamanan Lingkungan (Pos Kamling) Sementara. Guna untuk menjaga ada hal-hal yang tidak diinginkan dan memperkecil ruang bagi palaku-pelaku kejahatan,” ujar Buntuan.

“Berhubung kegiatan ini belum diterapkan melalui Peraturan Desa (Perdes), maka dari itu kami selaku pemerintah meminta masyarakat untuk bekerjasama dengan cara membantu dalam segi konsumsi. Dan sampai dengan saat ini sejak Pos Ronda diaktifkan, sudah banyak masyarakat yang turut berpatisipasi dengan menyumbangkan dana untuk membeli kebutuhan yang diperlukan,” sambungnya.

Dikatakannya, Keamanan lingkungan ini tidak monoton kepada kasus pencurian dimasa panen Cengkih, namun bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan semisal ada yang sakit dan harus dilarikan ke Pusat Pelayanan Masyarakat (Puskesmas) terdekat ataupun ada masalah lain, bisa langsung meminta pertolongan ke Pos Ronda.

Ketua PKT Tutuyan 2, Fahrul Afero Potabuga mengatakan, pihaknya mengambil langkah tersebut agar masyarakat di desanya bisa terhindar dari orang-orang yang mempunyai niat buruk.

“Kami lakukan ini untuk membantu menjaga keamanan di desa, juga kenyamanan masyarakat terkait maraknya isu-isu pencurian di desa- desa,” ungkap Afero.

“Yang jaga tiap malam ada 10 orang, 8 dari PKT, dan 2 lainnya adalah aparat desa. Kami lakukan ronda tidak hanya di Desa Tutuyan 2, namun sebagian wilayah di Desa Tutuyan Induk juga kami masuki,” tuntasnya. (matt rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here