Beranda Bolmong Timur Puskesmas Motongkad Dilengkapi Taman Herbal dan Fasilitas Pijat Refleksi

Puskesmas Motongkad Dilengkapi Taman Herbal dan Fasilitas Pijat Refleksi

96
0
BERBAGI

MOTONGKAD lensasulut.com — Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Motongkad, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), telah menyediakan taman yang berisikan Tanaman Herbal dan Pondok Akupresur serta layanan Pijat Refleksi.

Pantauan media ini Jumat (6/9/2019), ditaman tersebut, telah tersedia berbagai jenis tanaman obat tradisional dan fasilitas kesehatan lainnya.

Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Motongkad, Helmi Lasama, kepada sejumlah awak media mengatakan, pihaknya telah menyedihkan sekitar 50 jenis tanaman tradisional yang sering di konsumsi. “Selain itu, ada juga Pondok Akupresur sekaligus pelayanan Pijat Refleksi,” ujar Lasama belum lama ini.

Dia pun menjelaskan jenis-jenis tanaman dan tumbuhan herbal tersebut serta khasiatnya.

“Tanaman herbal ini sering dijumpai disekitaran pemukiman warga antara lain, Kumis Kucing (Cat’s whiskers) khasiatnya adalah mengatasi masuk angin, pengobatan infeksi ginjal, infeksi kandungan kemih, kencing batu, scabies (kudis), menurunkan demam, pusing, batuk berdarah, muntah darah, wasir dan gangguan persendian,” terang Lasama.

“Tanaman Kencur, khasiatnya mengobati panas dalam, radang tenggorokan, kejang pada anak-anak, batuk berdahak, badan terasa sakit, pegal otot, dan nyeri persendian.
Sedangkan Jahe Emprit, Mengatasi masuk angin, batuk, Liver Hepato Megali, memperbaiki sistem pencernaan, melancarkan sistem peredaran darah, meningkatkan sistem libido, meredakan kejang, meningkatkan daya tahan tubuh, meringankan penyakit sinusitis, mengatasi insomnia akut, mencegah penyakit kanker, dan anti oksidan bagi tubuh,” sambung Kapus Lasama.

Selain itu lanjut Lasama, Cocor Bebek (Miracle Leaf), adalah jenis tanaman yang berkhasiat untuk menurunkan panas (sebagai kompres pada luka bakar) serta mengobati cacar air dan kudis.

” Ada juga Temulawak. Tanaman ini khasiatnya mengatasi pegal badan, obat kembung dan diare, anti peradangan, menambah nafsu makan pada anak, mengobati penyakit kuning (liver), serta sebagai anti oksidan. Juga tumbuhan Sereh (Cymbopogon Nardus), khasiatnya Peluruh air seni, keringat, dahak, meredahkan demam, kejang-kejang, dan meningkatkan nafsu makan,” jelasnya.

“Ngokilo (Stachytarpheta Mutabilis, Vahl) adalah tanaman jenis rumput yang bisa mengobati tumor, wasir, diabetes ilitus, liver, batu empedu, kolesterol, juga terkena bisa ulat bulu dan semut hitam. Cara meramu atau pembuatannya bisa mengunjungi Puskesmas Motongkad, kami punya tenaga ahli yang siap melayani masyarakat,” ucap Lasama. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here