Beranda Bolmong Timur Marsidi Sebut Puskesmas Harus Ada Tenaga Promotor Kesehatan

Marsidi Sebut Puskesmas Harus Ada Tenaga Promotor Kesehatan

908
0
BERBAGI
Foto: Kepala Dinas Kesehatan Boltim Eko Marsidi Membawakan Sambutan Dalam Kegiatan Pertemuan E Monev Fasyankes.

MOOAT LensaSulut.com — Tantangan pembangunan kesehatan yang dihadapi saat ini masih sangat besar, khususnya di bidang hygiene dan sanitasi. Saat ini kondisi pengelolaan limbah medis belum sesuai persyaratan sebagaimana Permen LHK.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Eko Marsidi, saat membuka pertemuan E-Monitoring dan Evaluasi (E-Monev) Limbah Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Puskesmas dan Promotor Kesehatan, yang digelar di Goba Molunow Kecamatan Mooat pada Rabu (2/10/2019).

“Saat ini kondisi pengelolaan limbah medis belum sesuai persyaratan sebagaimana Permen LHK,” kata Marsidi.

Kondisi sekarang ini lanjut Marsidi, Puskesmas yang ada di Boltim belum sepenuhnya memiliki Sanitarian. Dari 8 (delapan) Puskesmas, hanya 4 Puskesmas yang memiliki tenaga Sanitarian.
Sehingga kesulitan dalam mengembangkan program kesehatan lingkungan di Puskesmas.

“Sanitarian Puskesmas belum juga memahami tata cara pengisian laporan E-Monev, karena itu untuk mendukung program Puskesmas. Puskesmas harus mengangkat tenaga promotor kesehatan untuk mendukung program dari dalam dan luar Puskesmas,” jelasnya.

Mantan Kabag Humas ini menambahkan, E-Monev limbah fasyenkes Puskesmas diciptakan untuk memudahkan petugas sanitarian dan pengelola program sehingga data progres di lapangan dapat diupdate secara akurat.

“Data hasil yang diperoleh dapat digunakan sebagai bahan untuk dilakukan advokasi lintas sektor. Untuk menuju pengelolaan limbah yang sesuai dengan peraturan yang ada,” terangnya.

Dia berharap, semua pihak terutama petugas sanitarian dan promotor kesehatan untuk mensukseskan E-Monev fasyankes.

“Semoga pertemuan ini dapat memberikan dampak dan manfaat yang nyata sebagai kontribusi untuk mendukung Kabupaten Boltim sehat,” asa Marsidi.

Sebelumnya, Kepala Bidang Program Kesehatan Dinkes Boltim Kartini Djaman mengatakan apabila limbah cair dari fasyankes tidak diolah terlebih dahulu tetapi langsung dibuang di sungai atau lahan resapan maka fasyankes akan menjadi sumber penyakit.

“Karena itu fasyankes perlu memiliki petugas yang mampu mengelola limbah cair secara benar,” singkat Kartini. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here