Beranda Bolmong Timur Wujudkan Boltim Bebas Sampah, Pemkab Terbitkan Surat Edaran Pengadaan TPS.

Wujudkan Boltim Bebas Sampah, Pemkab Terbitkan Surat Edaran Pengadaan TPS.

114
0
BERBAGI
Sjukri Tawil

TUTUYAN, LensaSulut.com —  Seriusi penanganan sampah, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menerbitkan surat edaran ditujukan ke Sangadi (Kepala desa) agar menganggarkan pengadaan Tempat Penampungan Sementara (TPS) di setiap desa.

Bunyi surat edaran tersebut Bupati menginstruksikan kepada Kepala desa (Sangadi), agar dapat menganggarkan dana di dalam APBDes Tahun 2020, untuk pengadaan lahan TPS di setiap desa.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boltim, Sjukri Tawil berujar, langkah tersebut salah satu yang menjadi proiritas dalam rangka mewujudkan Kabupaten Boltim sehat dan bersih dari sampah.

“Bupati Boltim Sehan Landjar menerbitkan surat edaran diinstruksikan kepada Kepala desa untuk menganggarkan dana bagi pengadaan lahan Tempat Penampungan Sementara (TPS) di dalam Anggaran Pendapatan Belanja desa (APBDes) Tahun 2020. Kenapa menggunakan Dana Desa (DD), yang sebagaimana disebutkan dalam pasal 8 ayat (1) butir  d Peraturan Menteri Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2020, bahwa salah satu prioritas penggunaan Dana Desa adalah untuk membiayai pengadaan, pembangunan, pengembangan, serta pemeliharaan sarana prasarana lingkungan alam untuk pelestarian lingkungan hidup,” lugas Tawil, Senin (7/10/2019).

“Dengan adanya surat edaran Bupati dimaksud, kiranya para Kepala desa, serta warga masyarakat untuk menindaklanjutinya. Sehingga penanganan soal sampah di Boltim dapat teratasi walaupun, belum ada TPA,” sambungnya.

Mantan Kadis PU Boltim ini menambahkan, sampah yang nampak terlihat diantaranya di ujung desa Motongkad, desa Dodap serta ada beberapa titik yang kerap terlihat diruas jalan.

“Ada beberapa titik sampah yang nampak diruas jalan, antara Desa Kotabunan dan Paret serta, diantara Kotabunan dan desa Buyat, ini sangat tidak elok dipandang, juga dapat berpengaruh pada kebersihan dan kesehatan lingkungan setempat. Diharapkan sampahnya ditimbun, jangan di buang sembarangan,” pintanya.

“Saat ini, sampah-sampah tersebut, sudah tidak ada lagi di ruas jalan, karena dua minggu Dinas Lingkungan Hidup dan aparat desa, turun langusung membersihkan sampah yang ada dilokasi itu,” kunci Tawil. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here