Beranda Bolmong Timur PjS Bupati Boltim Menunjuk dan Menyerahkan SK PLT Untuk Jabatan ini

PjS Bupati Boltim Menunjuk dan Menyerahkan SK PLT Untuk Jabatan ini

69
0
BERBAGI

TUTUYAN, LensaSulut.com – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Christiano Talumepa, SH. M.Si, menunjuk dan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pelaksana Tugas (Plt) kepada Ramlah Mokodompis, SP dan Harris Sumanta, S.T, Selasa 27/10/2020.

Ramlah Mokodompis disamping jabatanya sebagai staf ahli Bupati Bidang Kesejahteraan dan SDA, ditunjuk melaksanakan tugas sebagai Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Harris Sumanta,ST jabatanya sebagai Kepala Bagian (Kabag) Infrastruktur Pengadaan Barang dan Jasa, ditunjuk sebagai Kadis Pekerjaan Umum (PU) kabupaten Boltim.

Diketahui, Ramlah Mokodompis, S.P menggantikan posisi dari Mat Sunadi, sedangkan Harris Sumanta, ST, menggantikan Ari Purwadi Mokoginta, ST.

Pada kesempatan tersebut Pjs Bupati Christiano E. Talumepa, S.H. MSi. Menyampaikan bahwa penunjukan kedua pejabat sebagai pelaksana tugas jabatan adalah dalam rangka melaksanakan perintah undang undang.

Menurutnya, Sebagai Pjs Bupati tentu dengan Tim yang ada telah melaksanakan kajian dan evaluasi, karena di dalam regulasi untuk melaksanakan pelaksana tugas (Plt) yang bersangkutan harus memiliki jabatan definitif diatas, sama atau setingkat di bawah jabatan yang akan diisi.

“Sedangkan kedua pejabat sebelumnya hanya memiliki jabatan tunggal sebagai pelaksana tugas dan tidak memiliki jabatan definitif.
Penunjukkan kepada kedua pejabat pelaksana ini disamping memenuhi tuntutan regulasi juga adalah untuk menggenjot progres program kegiatan pada instansi masing masing agar dapat tercapai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” ucap Talumepa.

Kemudian lanjut Talumepa, jabatan pelaksana ini adalah sebagai tugas atau beban tambahan di samping memegang jabatan lama.

“Sehingga jangan sampai setelah mendapat tambahan tugas yang baru, tugas di tempat lama tidak dilaksanakan ini jangan sampai terjadi. Didalam menjalankan tugas eselon tiga itu memiliki 2 kewenangan yakni hal teknis dan managerial technical skill dan managerial skill, kalau jabatan eselon dua hanya satu kewenangan yakni managerial skil,” ujarnya.

“Sebagai orang baru stok lama tentu sebagaimana yang diharapkan dapat mencapai hasil optimal karena dari sekian orang yang terpanggil dua yang terpilih. Sehingga diharapkan agar dapat menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab saya harap agar kalian banyak berkonsultasi dengan sekda para asisten sehingga betul betul jalan sesuai dengan yang diharapkan jangan one man show harus berjenjang jangan langsung ke bupati sementara sekda dan para asisten dilangkahi,” sambungnya.

Disebutkan Talumepa, tidak sehat organisasi jika hanya diisi pelaksana tugas.

“Harus komunikasi kebawah, kesamping dan konsultasi keatas. Selanjutnya tidak menutup kemungkinan ketika open bidding nanti kemudian kalian ikut, mudah-mudahan bisa jadi karena dari sembilan pejabat pelaksana tugas ini harus segera bisa didefinitifkan, tidak sehat organisasi kalau hanya diisi oleh pelaksana tugas karena Plt itu memiliki kewenangan yang sangat terbatas oleh regulasi sementara organisasi itu harus bergerak cepat,” tuturnya.

“Sehubungan dengan itu saya lagi menunggu surat persetujuan menteri dalam negeri dalam rangka pengisian jabatan harus didefinitifkan semua dan itu sudah disampaikan. Gubernur telah menyampaikan ke Kemendagri karena kita telah menyurat ke Gubernur dan merekomendasikan ke Kemendagri dan kita juga dari Kabupaten sudah menyurat ke Kemendagri,” jelasnya.

Lebih lanjut Talumepa mengatakan, bahwa minggu depan setelah masuk, akan dilaksanakan juga pengisian untuk kembali ke jabatan semula.

“Ari Purwadi Mokoginta akan kembali ke posisi sebagai kabag Ekbang, Mat Sunardi sebagai Sekretaris Dinas Perdagangan dan ada beberapa lagi yang lain. Mudah mudahan apa yang saya bersama tim lakukan ini tidak ada tujuan yang jelek tetapi ini bagaimana kita mendudukan statusnya sesuai regulasi yang ada,” Jelas Pjs. Bupati Christiano Talumepa.

Acara yang berlangsung di ruang rapat Bupati Boltim tersebut turut dihadiri sekretaris daerah.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here