Beranda Manado Pedagang Terharu Pasar Tuminting Tak Akan Pindah di Depan TPA Sumompo

Pedagang Terharu Pasar Tuminting Tak Akan Pindah di Depan TPA Sumompo

215
0
BERBAGI

MANADO LensaSulut.com – Pengunjung dan pedagang pasar Tuminting dikejutkan dengan kedatangan calon Walikota Manado, Sonya Selviana Kembuan (SSK). Selain berbelanja dan berbagi masker, SSK juga menyempatkan waktu mendengar keluhan pedagang pasar Tuminting.

Kepada calon Walikota nomor 2 ini seorang pedagang mengeluhkan bahwa mereka pedagang tak ingin pasar Tuminting dipindahkan ke lokasi pembuangan sampah. Menurutnya, Pemerintah Kota Manado sudah mewacanakan bahwa pasar yang menjadi tumpuan hidup mereka itu akan dipindahkan di depan TPA Sumompo.

“Sedangkan lokasi pasar di sini, bau TPA Sumompo so menyengat sampe di sini. Apalagi kalau pasar le mo pindah di muka tempat pembuangan sampah, no bayangkan jo depe bobou, so nda ada yang mo datang belanja, dan pembeli somo ba belanja di supermarket. Itu yang menjadi ketakutan,” keluh seorang ibu pedagang dengan dialek Manado.

Kepada pedagang, Sonya berjanji jika pasangan calon nomor 2 Sonya Selviana Kembuan – Syarifudin Saafa (SSK-SS) terpilih memimpin kota Manado, maka pasar Tuminting tak akan dipindahkan.

“Kami akan tingkatkan pasar Tuminting dengan merubah menjadi bangunan pasar berlantai tiga. Solusinya bukan memindahkan pasar tapi ditingkatkan menjadi lebih baik dari saat ini,” terang SSK.

Sonya menjelaskan bahwa hanya program SSK-SS yang memperhatikan pembangunan pasar yang terintegrasi dengan rumah pedagang dan dikelola secara proporsional.

“Nantinya pasar Tuminting akan dibangun 3 lantai, sudah termasuk ruangan tinggal untuk pedagang. Supaya jarak berjualan dan waktu jadi tidak mengkhawatirkan karena tak lagi menempuh perjalanan dari rumah ke pasar, dan biaya transport jadi penghematan dari sisi ekonomi,” jelas SSK yang disambut histeris aplaus haru oleh pedagang.
(jea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here