Beranda Bitung Penampakan Sindikat Pencuri Mobil di Sulut Yang Dibongkar Polres Bitung

Penampakan Sindikat Pencuri Mobil di Sulut Yang Dibongkar Polres Bitung

1167
0
BERBAGI

BITUNG, LensaSulut.com – Sindikat spesialis pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) berhasil diungkap oleh tim Resmob Polres Kota Bitung. Pengungkapan ini berawal dari laporan lelaki Darso Latunda 35 tahun, pemilik mobil jenis Toyota Calya nomor polisi DB 1926 LT, yang hilang saat diparkir di depan rumahnya kelurahan Wangurer Utara, kecamatan Madidir kota Bitung, pada hari Senin 21 Desember 2020 pukul 02.30.

Polres Bitung kemudian melakukan pendalaman atas laporan korban yang mengaku bahwa mobil tersebut baru dibeli sehari sebelum dicuri pada malam kejadian. Setelah itu, pada hari Rabu tgl 6 Januari 2021, Tim Resmob Polres Bitung dipimpin Aipda Denny Papente melakukan penyelidikan dan memburu beberapa orang yang dicurigai pelaku ke wilayah kota Manado.

Dalam upaya tersebut, tim kemudian berhasil menangkap tiga pelaku yakni perempuan IJK alias Iren, alias Joan (42) domisili perum Kairagi Permai kelurahan Kairagi Weru kecamatan Mapanget, lelaki RK alias Ronal (36) domisili Kelurahan Perkamil kecamatan Tikala, dan lelaki SS alias Stief (33) domisili kelurahan Winangun Satu kecamatan Malalayang kota Manado.

Selain ketiga pelaku yang sudah tertangkap, tim Resmob Polres Bitung masih memburu dua buronan pelaku lainya yang juga menjadi bagian sindikat ini. Kedua pelaku yang identitasnya sudah dikantongi tim yaitu RAIMOND alias Emon Gode, domisili Kelurahan Teling Bawah Kecamatan Wenang Kota Manado, dan IPUL, domisili Kelurahan Paal Dua Kecamatan Paal Dua Kota Manado.

Adapun modus operandi yang digunakan para pelaku yaitu dengan menjadi penjual mobil seken. Tetapi mobil yang akan dijual para pelaku tersebut terlebih dahulu sudah menggandakan kunci kontaknya atau telah dibuat kunci duplikat. Kemudian secara diam-diam para pelaku membuntuti dan menunggu sampai pembeli memarkir dan meninggalkan kendaraan yang mereka jual untuk dicuri kembali menggunakan kunci duplikat, seperti yang dialami korban pelapor.

Para Pelaku yang telah diamankan juga mengakui bahwa memang benar telah mencuri Mobil tersebut, dan kunci mobil yang diberikan kepada pelapor kunci yang satu dan yang satu dipegang oleh tersangka lelaki STEV.

Team Resmob juga masih berupaya melakukan penangkapan terhadap para pelaku lain yang belum tertangkap dan masih ada 6 unit mobil lagi yang masih dalam penyelidikan Polisi. Para pelaku juga merupakan SINDIKAT BANDIT spesial penggelapan mobil yang sudah sering kali beraksi di Sulut tapi kali ini terlacak.
(bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here