Beranda Bolmong Timur Pemda Boltim Gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah RKPD 2022

Pemda Boltim Gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah RKPD 2022

151
0
BERBAGI

TUTUYAN, LensaSulut.com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah, Penyusunan Rancangan Akhir (RKPD) tahun 2022, Selasa 30/3/2021.

Kegiatan yang dihelat di lantai lll Kantor Bupati Boltim itu, mengangkat tema bertajuk “Peningkatan Pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, Kesehatan, Infrastruktur, Terkait Usaha Tani, Akses Wisata, Penguatan UMKM dan Koperasi untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi”.

Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Sonny Warokka saat membacakan sambutan bupati, ia menyampaikan bahwa RKPD menjadi landasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD).

Sekda mengatakan, RKPD dilaksanakan secara terukur mulai dari tingkat desa sampai dengan tingkat pusat.

“Utamakan skala prioritas sesuai dengan anggaran. Usulan dari desa agar diselaraskan dengan kepentingan umum,” ucap Warokka.

Sekda menegaskan kalau, usulan dari desa jangan hanya copy paste program-program sebelumnya, harus ada inovasi baru.

“Laksanakan kerjasama bersama unsur terkait agar visi dan misi dari kepala daerah dalam RKPD bisa terlaksana dengan baik,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua ll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim, Muhammad Jabir menyampaikan pokok-pokok pikiran.

Kata Jabir, DPRD menjadi salah satu unsur yang terlibat secara intensif dalam punyusunan RKPD dengan memberikan masukan dan usulan. Tujuannya yaitu mengawasi jalannya pelaksanaan pembangunan.

Di bidang perekonomian masyarakat masih mendominasi di sektor pertambangan, perkebunan, perikanan dan perdagangan. Menurutnya, bidang pembangunan Infrastruktur harus mendapatkan porsi yang sama sampai di desa-desa.

“Pokok-pokok pikiran DPRD ini kiranya dapat dijadikan acuan bagi Kepala daerah dalam penyusunan RKPD dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Turut hadir dalam agenda tersebut. Sekda Boltim ir., Sonny Waroka, wakil Ketua II DPRD Muhammad Jabir, Asisten I Kabupaten Boltim Priyamos, Perwira Penghubung (Pabung) Boltim Mayor Infantri Yopi A. Tijow, Para Kepala Dinas (Kadis) Pemkab Boltim, Camat se-Kabupaten Boltim, Plh Danramil 1303-05/Kotabunan, Para Kepala Desa (Sangadi-red) se-Kabupaten Boltim, serta Para Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Boltim.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here