Beranda Edukasi LPMP Minta Pegiat Literasi Boltim Membantu Pemerintah Daerah

LPMP Minta Pegiat Literasi Boltim Membantu Pemerintah Daerah

231
0
BERBAGI

TUTUYAN, LensaSulut.com – Sejak dua tahun ini ibu pertiwi masih diserang Covid-19. Dampaknya membuat pola pendidikan tanah air berubah, termasuk di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Membakar kembali semangat belajar siswa, pegiat literasi Boltim diminta membantu pemerintah daerah melakukan gerakan literasi. 

Tuturan ini dilontarkan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sulut, Widyaprada Ahli Muda Hofni Timpalen, di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boltim, Rabu 8/12/2021.

“Kami sangat meminta bantuan dari pada pegiat literasi yang ada di kabupaten kota, termasuk yang membentuk taman-taman baca. Itu sangat membantu pemerintah daerah, dalam hal ini untuk kabupaten Bolaang Mongondow Timur,” ucap Hofni.

Menurutnya, peran pegiat literasi sangat dibutuhkan oleh daerah karena untuk membantu percepatan kegiatan pembelajaran dalam mengatasi learning loss dikarenakan pandemi. Hal tersebut juga menyebabkan banyak siswa semangat belajarnya berkurang serta kemampuan menguasai atau kompetensi mereka juga berkurang.

“Literasi menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan mereka. Karena itu bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, baik melalui buku bacaan yang telah disiapkan ataupun melalui literasi digital,” tandasnya.
(Dath Ligawa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here