Beranda Bolmong Timur Bupati Sachrul: Pencegahan Stunting Sangat Penting dan Harus Direspon

Bupati Sachrul: Pencegahan Stunting Sangat Penting dan Harus Direspon

304
0
BERBAGI

TUTUYAN, LensaSulut.com – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto S.Sos., MSi., menghadiri kegiatan Rembuk Stunting percepatan pencegahan dan penurunan Stunting terintegrasi yang berlangsung di Aula Lantai III Kantor Bupati Boltim, Selasa 22/3/2022.

Pada kesempatan itu, Bupati Sachrul mengatakan terkait penyelenggaraan pemerintahan saat ini Stunting merupakan aspek yang sangat penting.

“Di dalam penyelenggaraan pemerintahan saat ini Stunting merupakan aspek yang sangat penting dan harus direspon dalam setiap aktivitas pembangunan. Hal ini dikarenakan perbaikan gizi khususnya Stunting termaktub dalam prioritas pembangunan kesehatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN-red) 2020-2024,” kata Mamonto.

Dirinya juga menjelaskan, tentang masalah stunting diantaranya, pertumbuhan dan perkembanagan anak akibat kekurangan gizi, kronis dan infeksi berulang. Menurutnya, ini bisa ditandai dengan panjang atau tinggi badan di bawah standar.

“Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi, kronis dan infeksi berulang. Yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang kesehatan.,” terang Bulati

Terkait dengan pencegahannya, Ia menyebutkan bahwa Stunting bisa dicegah dengan memastikan kesehatan yang baik dan gizi yang cukup.

“Stunting dapat dicegah dengan memastikan kesehatan yang baik dan gizi yang cukup pada 1000 hari pertama kehidupan dan intervensi Stunting membutuhkan kerjasama lintas program dan lintas sektor mulai dari perencanaan, penganggarakan, pelaksanaan, pemantauan dan pengendalian,” pungkasnya.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here