Beranda Bolmong Timur Setelah Sukses Lomba Adzan, Pemden Bulawan Dua Gelar Semarak Ramadhan.

Setelah Sukses Lomba Adzan, Pemden Bulawan Dua Gelar Semarak Ramadhan.

400
0
BERBAGI

KOTABUNAN, LensaSulut.com – Setelah sukes melaksanakan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW lewat lomba adzan tingkat anak-anak yang melibatkan peserta dari berbagai daerah, seperti Bolaang Mondondow Timur, Manado hingga Sulawesi Barat, maka Desa Bulawan Dua kembali menggelar kegiatan akbar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H dengan tajuk “ SEMARAK RAMDHAN “

Kegiatan ini diagendakan akan melibatkan empat Kecamatan di wilayah Bolaang Mongondow Timur (Boltim), yaitu Kecamatan Kotabunan, Kecamatan Tutuyan, Kecamatan Motongkad dan Kecamatan Nuangan, seperti yang disampaikan oleh Pelaksana Tehknis Kegiatan Semarak Ramadhan, Vikran Bouti, S.Pd.

“Memang benar bahwa Masyarakat Desa Bulawan Dua tengah berencana untuk membuat kegiatan akbar guna menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, sebab sebagaimana kita ketahui bersama semenjak pandemi covod-19, nuansa bulan suci yang notabene adalah bulan yang paling ditunggu oleh semua umat Islam menjadi sangat biasa-biasa saja, dengan segala keterbatasan dan aturan-aturan yang ada. Bercermin dari itu, kami dalam hal ini pemerintah Desa Bulawan Dua beserta seluruh masyarakat ingin kembali menghidupkan nuansa bulan Ramadhan,” ucap Bouti. Senin 21/3/2022.

“Adapun jenis lomba yang rencanya akan digelar yaitu, lomba hias kampung Ramadhan, lomba gendang sahur, lomba hafal surah tingkat anak-anak, lomba hafal doa tingkat anak-anak, dengan Batasan usia enam tahun ke bawah, lomba posko Ramadhan terbaik serta satu lomba yang dikhususkan untuk Desa Bulawan Dua, yaitu lomba hias Lorong. Untuk keseluruhan rangkaian lomba ini akan berlangsung selama Ramadhan hingga menuju malam grand final pada Hari Raya Ketupat atau seminggu paska Idul Fitri,” Lanjut Bouti.

Bouti juga menambahkan bahwa sebagai pemantik dari kegiatan Semarak Ramadhan, kami juga akan melaksanakan kegiatan Taptu atau Pawai Obor pada tanggal 30 Maret di seputaran Desa Bulawan-Kotabunan.

“Pesertanya nanti adalah anak-anak dari Taman Pengajian Alquran yang ada di Desa Bulawan Dua. Meski demikian kami pun tidak menutup keterlibatan langsung dari Taman Pengajian Alquran di luar desa Bulawan Dua dengan syarat dan ketentuan berlaku,” terangnya.

Sebagai penutup, Bouti menuturkan bahwa segala yang ditengah Pemerintah Desa Bulawan Dua bersama seluruh masyarakat dan tentunya donator tunggal rencanakan ini adalah untuk mewujudkan cita-cita besar menjadikan Desa Bulawan Dua sebagai Desa Wisata Ramadhan.

Sementara itu, Sangadi Bulawan Dua Irawan Mangkialo, S.IP menyampaikan apresiasi bagi seluruh panitia penyelenggara serta seluruh masyarakat. Terutama untuk donator tunggal Rahman Salehe.

“Saya turut mendoakan agar apa yang dilakukan oleh bapak Rahman ini bisa menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat untuk senantiasa menebarkan kebaikan dalam bentuk apapun, tidak lupa pula saya mendoakan kesehatan serta kelapangan rezeki untuk seluruh orang yang terlibat dalam kegiatan mulia ini,” ucap Sangadi Bulawan Dua.

Pada kesempatan itu donator tunggal Semarak Ramdhan, Rahman Salehe menyampaiakan bahwa apa yang sama-sama yang diagendakan kali ini semata-mata hanya untuk menyemarakkan bulan suci Ramdhan serta tentunya senantiasa mengharapkan rahmat dari Allah SWT.

“Semoga lewat kegiatan kecil-kecilan seperti ini, bisa membuat semangat beribadah serta beramal. Kita umat islam semakin bertambah dan semoga melalui kegiatan ini akan muncul generasi islam unggul yang akan senantisa memelihara nilai-nilai keislaman, kebudayaan yang merupakan kearifan lokal yang ada,” kata Salehe.

Adapun jenis lomba beserta hadiah yang dipersiapkan pada kegiatan Semarak Ramadhan adalah :

LOMBA HAFAL SURAH.

JUARA I Akan mendapatkan Trofi, Piagam dan Uang Tunai Rp. 500.000.
II Akan mendapatkan Trofi, Piagam dan Uang Tunai Rp. 300.000.
III Akan mendapatkan Trofi, Piagam dan Uang Tunai Rp. 200.000.

LOMBA HAFAL DOA.
JUARA I Akan mendapatkan Trofi, Piagam dan Uang Tunai Rp. 500.000.
II Akan mendapatkan Trofi.

LOMBA GENDANG SAHUR.
JUARA I Akan mendapatkan Trofi, Piagam dan Uang Tunai Rp. 1.500.000.
II Akan mendapatkan Trofi, Piagam dan Uang Tunai Rp. 1.000.000.
III Akan mendapatkan Trofi, Piagam dan Uang Tunai Rp. 250.000.

LOMBA POSKO RAMADHAN TERBAIK
JUARA I Akan mendapatkan Trofi, Piagam dan Uang Tunai Rp. 1.000.000.
II Akan mendapatkan Trofi, Piagam dan Uang Tunai Rp. 500.000.
III Akan mendapatkan Trofi, Piagam dan Uang Tunai Rp. 250.000.

LOMBA HIAS KAMPUNG RAMADHAN.
JUARA I Akan mendapatkan Trofi, Piagam dan Uang Tunai Rp. 3.000.000.
II Akan mendapatkan Trofi, Piagam dan Uang Tunai Rp. 1.500.000.
III Akan mendapatkan Trofi, Piagam dan Uang Tunai Rp. 1.000.000. (Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here