Beranda Bolmong Timur Pemda Boltim Gelar Musrenbangda Penyusunan RKPD Anggaran 2023

Pemda Boltim Gelar Musrenbangda Penyusunan RKPD Anggaran 2023

185
0
BERBAGI

TUTUYAN, LensaSulut.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (MUSRENBANGDA), Penyusunan Rancangan Akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Boltim, Tahun Anggaran 2023.

Agenda yang bertempat lantai III Kantor Bupati Boltim itu dibuka langsung oleh Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto S.Sos, M.Si, didampingi Wakil Bupati (Wabup), Kepala Kepolisian Resor (Kapolres), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), serta Asisten III. Selasa 28/3/2022.

Pada sambutannya Bupati Sachrul mengatakan bahwa, dalam penyusunan rancangan akhir RKPD Boltim tahun 2023, terdapat tiga metode pendekatan perencanaan yang digunakan sekaligus.

“Penyelenggaraan musyawarah rencana pembangunan penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten Bolaang Mongondow Timur tahun 2023 ini adalah, bentuk proses perencanaan yang menggunakan tiga pendekatan perencanaan sekaligus, yaitu Partisipatif, Politis dan Tehknokratis,” bebernya.

Kemudian bilamana proses perencanaan merupakan tanggung jawab bersama seluruh unsur, terutama perangkat daerah yang merupakan pelaku perencana awal penyusunan rancangan, sebagaimana tertuang dalam dokumen RKPD.

“Proses perencanaan merupakan bentuk tanggung jawab dari kita semua, termasuk warga masyarakat serta Perangkat Daerah, selaku perencana, pelaksanan dan evaluasi program kegiatan yang tertuang dalam RKPD Kabupaten Bolaang Mongondow Timur tahun 2023 ini. Selaras terpadu dan terjadi interkoneksi dengan arah kebijakan Daerah, Provinsi dan Pemerintah Pusat di tahun 2023,” tambah Bupati.

Selain itu, Bupati ucapakan terima kasih serta apresiasinya atas keselarasan tanggung jawab dari seluruh unsur tersebut, terkait perencanaan penyusunan dan perancangan dokumen RKPD ini.

“Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih dan apresisasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, khususnya kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atas rekomendasi hasil analisa, memberikan saran dan pendapat berupa pokok-pokok pikiran DPRD, berdasarkan hasil reses atau penjaringan aspirasi masyarakat sebagai bahan perumusan kegiatan, lokasi kegiatan dan kelompok sasaran yang selaras dengan pencapaian sasaran pembangunan, yang sudah di input dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah atau SIPD,” tuturnya.

Di samping itu, Bupati menegaskan bahwa kegiatan penyusunan RKPD, merupakan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten. Serta, ia pun optimis, kalau rancangan RKPD tahun 2023 ini, telah disusun sebagaimana mestinya.

“Penyusunan RKPD ini adalah kegiatan perencanaan daerah yang dilaksanakan setiap tahun, saya yakin disusun dengan menggunakan pendekatan tekhnokratik, politis, holistik-tematik, integratif, spasial dan tentu partisipatif, sehingga RKPD merupakan dokumen penting sebagai acuan program dan kegiatan pembangunan,” tandas Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan, para Camat, Sangadu (Kepala Desa-red), Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan para Kepala Bidang (Kabid).
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here