Beranda Manado Tegas,, Yayasan Suara Madani Hadir Dengan Warna Baru Gerakan Dakwah

Tegas,, Yayasan Suara Madani Hadir Dengan Warna Baru Gerakan Dakwah

272
0
BERBAGI

MANADO, LensaSulut.com – Kehadiran Yayasan Suara Madani (YSM) Indonesia, menjadi perhatian khalayak khususnya ummat Islam di Sulawesi Utara. Hal ini dikarenakan YSM hadir dengan warna baru gerakan dakwah.

Disahkan pada tanggal 10 Januari 2022 lewat keputusan Menteri Hukum dan HAM nomor: AHU-0001478.AH.01.04 dan akta notaris, YSM berdiri ditengah banyaknya organisasi kemasyarakatan dan yayasan yang sudah lebih dulu hadir.

Namun kata ketua YSM Mardan Umar, yayasan ini hadir dengan tagline “Bersama Berdayakan Ummat”, dengan mengusung tujuan utama yakni Sosial, Kemanusiaan, dan Keagamaan dengan pendekatan dan strategi dakwah yang lebih baik.

“YSM fokus di tiga bidang utama yakni Sosial, Kemanusiaan, dan Keagamaan. Yayasan ini berdiri ditengah banyaknya organisasi kemasyarakatan dan komunitas yang sudah lebih dulu hadir, namun YSM hadir di Sulawesi Utara dengan warna baru gerakan dakwah dan pengembangan potensi ummat. Seperti di bidang sosial, kita akan bersama masyarakat membangun dan mendorong peningkatan ekonomi ummat,” ungkap Doktor Mardan, panggilan akrab ketua YSM.

“Tak hanya ekonomi, tapi pendidikan baik formal maupun nonformal menjadi program kami. YSM akan menjadi bagian mendirikan dan menyelenggarakan pendidikan untuk ummat. Kemudian program kesehatan, YSM akan bekerja sama mendukung program pemerintah memberikan perhatian pemenuhan pelayanan kesehatan untuk masyarakat,” sambungnya.

Senada juga turut dijelaskan oleh sekretaris YSM Agus Abdullah Jeno, bahwa dakwah yang akan diterapkan tidak seperti biasanya terfokus pada agama.

“Dalam dakwah agama yang diterapkan YSM, itu ada metode pengembangan dan peningkatan sumber daya ummat. Metode bagaimana membangkitkan dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi ummat,” terang sek Agus, saat memandu konferensi pers dan buka puasa bersama sahabat media, Aliansi Jurnalis Muslim Sulut, Selasa 12/4/2022.

Latar belakang berdirinya Yayasan Suara Madani (YSM) Indonesia, dimulai sejak tahun 2021, dari diskusi dengan ketua organisasi wanita Syiar Muslimah Indonesia (SMAI) Sulawesi Utara yang memiliki semangat memperkuat dan memperluas gerakan dakwah, bersama beberapa tokoh ummat. Namun secara administrasi diungkapkan oleh founder YSM Ikhsanugraha Fajar, bahwa legal administrasinya pada Januari 2022 setelah terbit SK Menkumham.

“Sejak akhir tahun 2021 sudah didirikan. Berawal dari percakapan sederhana bertemunya beberapa pemikir bahwa kita butuh satu wadah dan ternyata kita satu visi untuk ummat menyongsong kehidupan 100 tahun ke depan, dan Manado pada tahun 2045 akan menjadi kota metropolitan. Inilah tantangan ummat dan inilah kemudian menjadi latarbelakang berdirinya YSM untuk mengawal potensi pengembangan sumberdaya ummat,” ungkap Ikhsanugraha Fajar.

Kehadiran yayasan ini seperti ditegaskan founder YSM Dino Gobel, juga menjadi kekuatan baru umat karena merangkul dan melibatkan ormas dan yayasan lain.

“Kita akan bersilaturahmi bersama-sama membangun kekuatan dakwah. Karena kehadiran YSM untuk memberdayakan ummat, bukan memberdayakan yayasan. Yang terpenting adalah sinergitas bersama pemerintah,” tegas stafsus gubernur Sulut bidang pariwisata ini.

Sementara itu, bendahara Rillya Kalsum Gobel mengatakan bahwa selama bulan puasa Ramadhan 1443 hijriyah ini, YSM memiliki program “Syiar Ramadhan”, dengan agenda podcast ramadhan, buka puasa dan berbagi takjil, berbagi bersama mualaf, kaum dhuafa dan anak panti asuhan, kajian ramadhan, serta sahur on the road,

“Dan ada juga agenda program utama yakni ‘Waqaf 1000 Al Qur’an’, serta safari ramadhan mengunjungi masjid di pinggiran yang kurang dan hampir luput dari perhatian karena mungkin nilai politiknya kurang, tapi ini justru menjadi perhatian pada Safari Ramadhan YSM,” ujar Rillya.

Diketahui, Ikhsanugraha Fajar dan Dino Gobel merupakan pendiri Yayasan Suara Madani yang diketuai oleh Mardan Umar, sekretaris Agus Abdullah Jeno, dan Bendahara Rillya Kalsum Gobel.
(jea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here