Beranda Bolmong Timur Gelar Kabela Fest 2022, Bupati: Boltim Bagaikan Sepenggal Surga

Gelar Kabela Fest 2022, Bupati: Boltim Bagaikan Sepenggal Surga

376
0
BERBAGI

Oleh: Mikdat Ligawa

Digelar menggunakan panggung yang megah, festival budaya kesenian daerah bertema “Kabela Fest 2022” berlangsung meriah dan menjadi agenda puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), pada Kamis 21 Juni 2022.

Dari tarian kabela, tarian Jawa, tarian Saronde dari Provinsi Gorontalo, sampai Tarian Samrah Arab di tampilkan. Penampilan permainan kulintang oleh Nyong dan Noni Sulut, serta tak kalah menarik lagi adalah pentas teater yang menceritakan perjalanan Bogani menuju Bolaang Mongondow Timur, dipersembahkan di pagelaran tersebut.

Semua yang ditampilkan dari tarian musik, sampai teater mengandung makna bahwa banyak Suku dan Budaya berada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Lapangan Gogaluman Desa Tutuyan, Kecamatan Tutuyan terlihat menjadi lautan manusia yang ingin melihat kemegahan perayaan Kabela Fest 2022, dalam rangka HUT Kabupaten Boltim serta ajang mempromosikan Pariwisata yang ada di Boltim.

Kegiatan yang digelar Pemda ini dipelopori oleh pemuda Boltim. Bupati Sam Sachrul Mamonto juga tak mau ketinggalan, orang nomor satu di tanah totabuan paling timur ini juga turut serta dalam memeriahkan HUT tersebut, dengan ikut serta memainkan alat musik kolintang mengiringi penyanyi yang membawakan lagu Mongondow bersama dengan kelompok Nyong dan Noni Sulut.

Di kesempatan yang sangat berbahagia itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S Sos M.Si., berpesan kalau melestarikan adat, melestarikan budaya adalah bentuk kecintaan kita terhadap daerah kita ini.

“Mogoguyang sudah meninggalkan pesan terdahulu. Mototompiaan, mototanoban, Moko akhiran, Mo bobagang. Pegang itu sebagai pegangan kita, maka kita akan hidup damai, kita akan hidup sejahtera,” kata papa Icat, panggilan akrab Bupati Boltim.

Bupati juga berkeinginan ingin menggali kembali potensi- potensi budaya yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

“Saya sebagai bupati ingin menggali semua potensi yang ada di Bolaang Mongondow Timur. Potensi budayanya, potensi wisatanya, potensi ekonomi lainnya yang timbul dari sepotong sorga yang diberikan Allah Subhanahu wa ta’ala,” tutur Mamonto.

Sebagai warga yang tinggal di tanah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, bupati mengajak untuk mari kita bersama-sama menjaganya dan mensyukuri nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita semua.

“Bolaang Mongondow Timur adalah sepenggal surga yang dilempar kemuka bumi. Kenapa Allah memberikan tanah yang subur, tanah yang indah, tanah yang begitu makmur, maka tugas kita adalah menjaganya. Tugas kita mensyukurinya, mensyukuri nikmat Allah ketika dia memberikan sesuatu yang baik dan indah,” tandas Bupati Boltim.
(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here