Beranda Bolmong Timur Tekan Kasus DBD, Camat Bersama Puskesmas Kotabunan Melakukan Kerja Bakti.

Tekan Kasus DBD, Camat Bersama Puskesmas Kotabunan Melakukan Kerja Bakti.

183
0
BERBAGI

KOTABUNAN, LensaSulut.com – Penanganan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Bumi Timur Totabuan terus dipacu. Diantaranya, melakukan kerja bakti serentak, sosialisasi 3M, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serta pembagian obat dalam memberantas jentik-jentik nyamuk.

Aksi tersebut diperagakan Pelaksana harian (Plh) Camat Kotabunan bersama Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kotabunan, Puskesmas Buyat, Komando Rayon Militer (Koramil) 1303-05, Kepolisian Sektor (Polsek) Urban Kotabunan, Pemerintah Desa (Pemdes) dan masyarakat setempat.

Kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti imbauan Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, tentang mencegah dan menekan peningkatan kasus DBD di seluruh pelosok area. Tuturan tersebut dilontarkan Plh Camat Kotabunan, Idris Paputungan, Jumat (2/9).

“Hari ini kami melaksanakan kerja bakti serentak di seluruh wilayah desa di kecamatan Kotabunan dan secara langsung ke rumah-rumah masyarakat, sekaligus melakukan kegiatan sosialisasi tentang 3M,” ujar Paputungan.

Sementara itu, Kepala Pusat (Kapus) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Kotabunan, Vivi Marlian Ijom mengatakan, untuk pemberantasan sarang nyamuk DBD tersebut mereka telah membagikan sebanyak 500 obat abate tablet di delapan desa, yang bekerja sama dengan lintas sektor di lingkup Puskesmas Kotabunan.

“Imbauan kepada masyarakat yaitu melakukan PSN rumah tangga dengan cara 3M plus. M pertama menutup tempat tampungan air, M kedua menguras tempat penampungan air setiap hari dan M yang ketiga yaitu mengubur atau mendaur ulang barang bekas yang berpotensi untuk menanampung air hujan. Plus yaitu menggunakan obat anti nyamuk, menebar benih ikan pemakan jentik nyamuk bila memiliki kolam dan menanam tumbuhan yang tidak disukai nyamuk, seperti bunga lavender, serai dan lain-lain,” tandasnya.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here