Beranda Bolmong Timur Pelayanan Keliling Disdukcapil Boltim Target Tertib Administrasi Kependudukan

Pelayanan Keliling Disdukcapil Boltim Target Tertib Administrasi Kependudukan

95
0
BERBAGI

TUTUYAN, LensaSulut.com – Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), melakukan pelayanan administrasi kependudukan keliling di berbagai kecamatan.

Kepala Dinas Disdukcapil Boltim, Subari Manangin mengatakan, program tersebut sudah berjalan pada pekan lalu yang dimulai dari Kecamatan Modayag Barat, Modayag dan Mooat. Selanjutnya akan turun di Kecamatan Nuangan, Motongkad dan Kotabunan.

“Untuk Kecamatan Modayag Barat yang terlayani itu sekitar 200-an lebih, kemudian Kecamatan Modayag kemarin kami batasi 60 orang per hari dan hari ini kami batasi 30. Itu khsusus yang menerbitkan Kartu Keluarga (KK), akta, perubahan pindah data dan Kartu Identitas Anak (KIA). Itu kami batasi, tetapi kalau untuk perekaman tidak dibatasi dan kami layani terus setiap hari,” ujar Managin saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/92022).

Ia menuturkan, kegiatan ini sudah dilaporkan ke bupati dan diperintahkan kalau tidak cukup satu tahun dua kali maka harus dibuat tiga kali, karena target mereka adalah masyarakat Bolaang Mongondow Timur menjadi tertib administrasi kependudukan.

“Jadi awal tahun, pertengahan tahun dan akhir tahun, kami membuat pelayanan keliling. Karena memang menertibkan administrasi kependudukan masyarakat ini butuh waktu,” terangnya.

Ia pun berharap, dengan adanya program bupati ini masyarakat dapat memanfaatkan pelaksanaan tersebut karena program ini salah satu membantu masyarakat, terutama dari segi biaya transportasi dan waktu.

“Alhamdulillah antusias dan respon masyarakat sangat baik. Dengan adanya pelayanan ini sangat membantu dan program ini sangat bagus sekali. Kedepan kami akan melihat lagi sistem ini, ketika satu putaran ini ada desa-desa yang mungkin siap dengan program ini, kami juga siap turun di desa-desa. Jadi sekarang jadi dua pelayanan, di kantor tetap jalan dan pelayanan keliling jalan terus,” tandasnya.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here