Beranda Bolmong Timur KPU Boltim Lakukan Verifikasi Faktual Kepada 9 Partai Politik Ini

KPU Boltim Lakukan Verifikasi Faktual Kepada 9 Partai Politik Ini

73
0
BERBAGI

TUTUYAN, LensaSulut.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melakukan Verifikasi Faktual (Verfak) terhadap 9 Partai Politik (Parpol), Senin (17/10/2022).

Dipimpin langsung Ketua KPU Jamal Rachman dan didampingi sejumlah pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Boltim, Penyelenggara pemilu di Timur Totabuan ini menggelar Verfak kepengurusan Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB), status domisili kantor dan dokumen status kepemilikan sewa, pinjam pakai, hibah dan lain-lain.

“Parpol yang lanjut verifikasi faktual kepengurusan, ada 9 yaitu PBB, Perindo, PSI, Hanura, Garuda, Ummat, PKN, Gelora dan Buruh. Sesuai Sipol faktual terkait kepengurusan KSB, status domisili kantor dan dokumen status kepemilikan sewa, pinjam pakai, hibah dan lain-lain,” ujar Ketua KPU Boltim Jamal Rahman, melalui Ketua Divisi Teknis Abdul Kader Bachmid, kepada media ini usai melakukan Verfak di kantor sekretariat Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Bachmid menyebutkan, Verfak untuk kepengurusan dan keanggotaan parpol calon peserta pemilu Tahun 2024, mulai 15 Oktober sampai dengan 4 November 2022.

Dikatakannya, KPU akan memberikan kesempatan bagi partai politik yang sedang mengikuti proses verifikasi faktual untuk memperbaiki dokumennya sampai batas waktu yang ditentukan.

“Ya, masih ada tahapan verifikasi faktual perbaikan,” kata Bachmid.

Untuk pengumuman bagi parpol yang dinyatakan memenuhi syarat baik persyaratan verifikasi administrasi dan faktual kata Bachmid, akan ditetapkan oleh KPU RI pada 14 Desember 2022.

“Tanggal 14 Desember sesuai tahapan, penetapan partai politik calon peserta pemilu Tahun 2024 akan ditetapkan oleh KPU RI,” ungkapnya.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here