Beranda Manado Kereeen…Alih Fungsi, PD Pasar Kelola Tempat Kost di Paal Dua

Kereeen…Alih Fungsi, PD Pasar Kelola Tempat Kost di Paal Dua

846
0
BERBAGI

MANADO – Hampir seluruh kios di bangunan tiga lantai Pasar Paal Dua Manado, berubah fungsi menjadi tempat tinggal. Tak hanya kios permanen yang diubah fungsi, tapi bidang kosong yang ada di dalam bangunan pasar tersebut pun sudah disekat dengan bahan kayu dan triplek menjadi ruangan tempat tinggal.

Dari keterangan salah satu penghuni yang tinggal di ruangan yang terbuat dari kayu, bahwa mereka dibiarkan tinggal karena setiap hari membayar retribusi kepada PD Pasar. Nilai retribusi tergantung besar kecilnya ruangan yang mereka buat. Tak hanya retribusi perhari, mereka juga wajib membayar tagihan setiap tahunnya.

“Setiap hari kami bayar kepada petugas penagihan, tergantung luas ruangan, ada yang Sepuluh Ribu dan ada yang lebih. Kemudian setiap tahun harus bayar tagihan yang dihitung permeter Seratus Ribu. Jadi kalau luas ruangan Enam Meter, harus bayar Enam Ratus Ribu. Kalau tidak, maka petugas akan membongkar ruangan ini. Jadi seperti bayar kos-kosan,” jelasnya polos.

Penghuni yang tidak ingin memberitahukan namanya ini, juga menunjukkan beberapa ruangan yang sudah terbongkar karena belum membayar tagihan tahunan. Keadaan ini sudah berlangsung bertahun-tahun sejak jaman Dirut sebelumnya. (Jeff)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here