Beranda Bolmong Timur Selektif, Landjar Tegaskan Kriteria Calon Sangadi Pada Tahapan Uji Kompetensi.

Selektif, Landjar Tegaskan Kriteria Calon Sangadi Pada Tahapan Uji Kompetensi.

689
0
BERBAGI

BOLTIM lensasulut.com — Pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar uji kompetensi bagi Bakal Calon Sangadi (Bacalsang)  yang akan menjadi calon Sangadi pada pemilihan sangadi (Pilsang) serentak di 17 desa. Giat tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Boltim Sehan Landjar SH, dengan didampingi Wakil Bupati Drs Rusdi Gumalangit, di kantor Bupati, Senin (8/10).

Pada kesempatan itu, Bupati Sehan Landjar berujar, uji kompetensi yang akan dilaksanakan 2 hari mulai tanggal 8 sampai dengan 9 oktober 2018 meliputi tes tertulis, tes wawancara dan tes pidato.

“Selanjutnya pada tahapan akhir saya langsung yang akan menguji pada 2 aspek yaitu aspek spritual dan moral,” terang Eang sapaan akrab Bupati.

Bupati dua periode ini mengatakan, Sangadi adalah ujung tombak pemerintah sehingga dirinya menaruh perhatian penuh pada pemerintahan desa. Aktifitas para bakal Calaon sangadi pun sejak 2 minggu belakangan dipantau langsung olehnya.

“Saya sudah mulai menguji tanpa sepengatahuan kalian. Tidak ada satupun bakal calon Sangadi yang luput dari pantauan saya. Sejak 2 minggu lalu seluruh bacalon Sangadi sudah saya pantau kegiatannya dan laporannya masuk setiap hari,” ungkap Eang.

Kepada para bakal calon sangadi, Bupati berpesan untuk ikut menjaga kondusifitas desa dan tidak mengkotak-kotakan masyarakat.

“Saya dengar ada calon yang masih bawa-bawa masalah pilkada, itu akan Saya gugurkan. Kalau pertama saja sudah mengkotak-kotakan masyarakat itu tidak boleh jadi pemimpin,” tegasnya.

Sekretaris Panitia Pemilihan Sangadi tingkat kabupaten, Ikhlas Pasambuna S.STP mengatakan, uji kompetensi kepada bacalon Sangadi meliputi tes tertulis, wawancara dan tes kemampuan berkomunikasi (pidato). 3 tes itu merupakan bagian dari tahap penyaringan bacalon Sangadi sebagai proses kegiatan tes kompetensi kemampuan dasar, kepemimpinan dan kepribadian bacalon Sangadi.

“Tiga tes ini menjadi tolak ukur untuk menyaring bacalon sangadi menjadi calon sangadi pada pemilihan sangadi serentak di 17 desa se Boltim,” tuturnya

Kabag Tapem Setda Boltim ini menambahkan, dari total 56 balon Sangadi peserta uji kompetensi, hanya 55 orang yang mengikuti tes sehingga 1 orang  langsung dinyatakan gugur karena tidak hadir hingga waktu pelaksanaan tes berakhir.

“1 tahapan saja tidak diikuti, secara otomatis gugur karena masing-masing tes memiliki bobot nilai yang wajib dicapai oleh tiap bakal calon,” sebutnya. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here