Beranda Bolmong Timur Dewan Prihatin Wabah Muntaber Menyerang Balita Kotabunan.

Dewan Prihatin Wabah Muntaber Menyerang Balita Kotabunan.

394
0
BERBAGI
Foto: ilustrasi

KOTABUNAN lensasulut.com – Dewan Paputungan, Tokoh pemuda Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) ini mempertanyakan mewabahnya penyakit Muntaber yang menyerang kalangan anak-anak sekarang ini, Kamis (25/10/2018).

Menurutnya, sekarang ini penyakit tersebut didominasi oleh anak-anak yang membuatnya sangat prihatin sehingga nada tanya pun dilontarkannya soal kesiagaan instansi terkait untuk penanganan masalah ini.

“Kan sekarang banyak anak sakit di Puskesmas yang ada hanya pelayanan dari pihak Puskesmas, sementara sejauh ini informasi terkait peyakit yang diderita belum ada informasi.  Tentu kalau ada penyakit, kan pasti ada penyebabnya,” ujar Paputungan kepada lensasulut.com.

Dia pun berharap pihak kesehatan dapat menginformasikan terkait penyakit Muntaber agar masyarakat dapat mengantisipasinya.

“Harapan kami pihak kesehatan dapat memginformasikan sehingga warga bisa mengantisipasi bedasarkan instruksi dari pihak berwenang,” ujarnya berharap.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boltim, Eko Marsidi SKM MM saat dikonfirmasi media ini berujar, penyebab penyakit Muntaber masih dalam penelitian oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Dinas Kesehatan Provinsi. BTKL ini katanya, dikhususkan menangani masalah lingkungan dan laboratoriumnya sudah terakreditasi.

Sekarang lanjut Marsidi, sampel air sudah diambil. Dan untuk pencegahan  utamanya adalah konsumsi air yang dimasak mendidih.

“Apabila sudah mengalami Buang Air Besar cair, segera ke Puskesmas untuk pengobatan agar petugas bisa secepatnya melacak kasus yang terjadi,” ucapnya sembari mengimbau agar makan makanan yang dimasak secara sanitair. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here