Beranda Bolmong Timur Penerimaan Adat Bolmong Warnai Pisah Sambut Kapolsek Urban Kotabunan

Penerimaan Adat Bolmong Warnai Pisah Sambut Kapolsek Urban Kotabunan

1021
0
BERBAGI
Mantan Kapolsek Urban Kotabunan dan Kapolsek Urban Kotabunan yang baru saat sambutan.

KOTABUNAN lensasulut.com– Proses mutasi, rotasi dan promosi suatu jabatan merupakan salah satu cara mengembangkan kinerja. Di institusi kepolisian juga dilakukan seperti itu, dimana Kapolsek Urban Kotabunan Komisaris Polisi (Kompol)  Meidy Wowiling, diganti oleh Kompol Suparno.

Minggu (01/04/2018) malam bertempat di Mapolsek Urban Kotabunan Bolaang Mongondow Timur (Boltim), diselenggarakan acara Pisah Sambut Pejabat Baru dan Lama disertai dengan penerimaan adat Bolaang Mongondow yang dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Boltim, Danramil 1303/05 Kotabunan, Ketua MUI Kabupaten Boltim, Para Camat, para Sangadi (Kepala Desa), toko adat, toko agama, toko masyarakat, serta tamu undangan.

Pada kesempatan itu mantan Kapolsek Urban Kotabunan Kompol Meidy Wowiling menyampaikan kesan dan pesannya selama bertugas di wilayah hukum Polsek Urban Kotabunan.

“Tugas kami di Polsek Urban Kotabunan yang dipercayakan oleh Negara ada sekitar 1 tahun 22 hari. Mutasi ini terjadi di institusi kepolisian bahkan di instansi lain adalah hal yang biasa terkait dengan penyegaran baik peningkatan karir maupun promosi jabatan. Muda-mudahan ditempat tugas yang baru kami bisa melaksanakan tugas dengan baik begitupun Bapak Kapolsek yang baru,” ujar Wowiling.

Mantan Kapolsek Sonder ini menuturkan, selama 1 tahun 22 hari menghadapi masyarakat Boltim begitu mudah. karena karakteristik orang Kotabunan dan Tutuyan kata dia, mereka menerima dengan apa adanya.

Prosesi foto bersama dengan anggota Polsek Urban Kotabunan

“Ternyata masyarakat Boltim ada satu keunikan. Mereka sangat   bersahaja dan begitu rama,  tapi tidak bisa ditinggalkan. Boleh dikata masih perlu orang tua itu harus melekat dengan anak-anak yang ada. itu yang kami rasa,” ucapnya.

“Selama kami melaksanakan tugas kami sangat terbantu. Toko agama, toko masyarakat serta bapak-bapak Sangadi selaku Tripika  selalu memberikan informasi.  Sehingga kami memecahkan masalah-masalah yang ada begitu cepat dan begitu mudah,” sambung Wowiling.

Diakhir sambutannya ia menyampaikan terimakasih atas partisipasi  masyarakat yang ada di wilayah hukum Polsek Urban Kotabunan.

“Atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Boltim khususnya yang berada diwilayah hukum Polsek Urban Kotabunan. Apabilah selama kami melaksanakan tugas,  ada yang tidak berkenan baik kami lakukan lewat tutur kata kami, pikiran serta tindakan, kami mohon maaf. Hati kami yang paling dalam kami sangat mencintai masyarakat Boltim,” tutup perwira satu melati ini.

Sementara Kapolsek Urban Kotabunan yang baru Kompol Suparno dalam sambutannya mengatakan apa yang diberikan masyarakat Boltim kepada mantan Kapolsek Urban Kotabunan, agar diberikan kepadanya sebagai Kapolsek baru.

“Tentunya saya melaksanakan tugas memohon dukungan kepada unsur Tripika dan tokoh-tokoh masyarakat.  Dimana tugas seorang polisi tidak akan mampu dan tidak akan ada artinya apa-apa tanpa dukungan masyarakat,” ujar Suparno.

Mantan Kapolsek Kema ini menambahkan, Berkaitan dengan tugas kepolisian melindungi,  melayani dan mengayomi masyarakat dan menciptakan situasi yang kondusip dalam wilayah ini, itu konsepnya sama.

“Nantinya saya dalam melaksanakan tugas disini,  untuk melindungi mengyomi masyarakat sampai penegakan hukum  apabila saya salah melangka ataupun salah mengambil kebijakan tolong di tegur,” ungkapnya.

Kapolsek Urban Kotabunan Kompol Suparno bersama keluarga dan mantan Kapolsek Urban Kotabunan Kompol Meidy wowiling bersama keluarga saat foto bersama.

Lanjut Suparno, Disisi lain dirinya tetap mengedepankan penegakkan hukum. “Ada hal-hal yang prinsip yang harus ditegakkan oleh hukum itu sendiri tapi tidak senak gue,  kita juga harus mengikuti kearifan lokal dan adat-adat yang ada, tuturnya.

“Selama bapak ibu berikan kepada pak wowiling berkaitan dengan tugas-tugas kepolisian yang bersifat positif, secara pribadi dan keluarga agar bisa diterapkan kepada kami sebagai orang baru. Sekali lagi saya sangat butuh dukungan masyarakat ,” kunci Perwira kelahiran Madiun ini.

Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Boltim, Camat Kotabunan,  Rahman Hulalata menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada mantan Kapolsek Urban Kotabunan Kompol Meldy Wowiling.

“Rasa terima kasih, penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak kapolsek lama yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik, amanah dan merakyat di Kabupaten Boltim ini,” tutur Hulalata.

“Terkait dengan tugas dan fungsinya, beliau langsung turun kepelosok-pelosok. Berkat kerja sama yang baik   bapak kapolsek dan seluruh anggota, salah satu desa di Kecamatan Kotabunan mendapatkan penghargaan Desa terbaik Kamtibmas se-Bolmong Raya. Sehingga kami bangga kehadiran bapak Wowiling dan kami sangat mengapresiasi,” tutup Hulalata. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here