Beranda Manado Pimpin Tabuh Rebana, Walikota Resmi Buka MTQ.

Pimpin Tabuh Rebana, Walikota Resmi Buka MTQ.

1013
0
BERBAGI

MANADO, lensasulut.com – Ditandai tabuh Rebana oleh Walikota GS Vicky Lumentut, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXVII tingkat Kota Manado secara resmi dibuka. Pelaksanaan MTQ akan memilih yang terbaik untuk diikutsertakan ke tingkat Provinsi, demikian disampaikan Lumentut dalam sambutannya, Kamis (12/4) di area Sindulang Mas Boulevard Dua, Kecamatan Tuminting.

“Saya mengapresiasi kepada panitia yang telah melaksanakan kegiatan ini. Juga kepada LPTQ yang telah berhasil mempertahankan prestasi kontingen Manado mendapat juara umum ke 7 kali secara berturut-turut di Kabupaten Mitra tahun lalu. Saat ini akan dijaring peserta terbaik yang nantinya akan mewakili Kota Manado pada MTQ tingkat propinsi. Sebagai juara bertahan, hal ini justru menjadi tantangan,” ujar Lumentut.

Pesannya dengan MTQ kali ini, semoga makna religi spiritualnya akan tertular kepada seluruh masyarakat untuk selalu bersih segala-galanya, baik hati maupun lingkungan kehidupan.

“Semoga kita sekalian menjadikan makna MTQ untuk lebih mempererat serta terus mempertahankan kerukunan tanpa membedakan suku dan ras. Karena Manado rumah kita bersama, maka harus selalu menjadi kota yang nyaman, bersih sebersih hati kita. Kepada masyarakat, mari kita kawal dan sukseskan MTQ khususnya masyarakat Tuminting sebagai tuan rumah,” ungkapnya.

Walikota GS Vicky Lumentut, saat menyampaikan sambutan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Utara, Dr. H. Abdul Rasyid Gandon, M.Ag pada kesempatan ini menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebagai pemahaman serta bagian yang tak terpisahkan dari imam dan taqwa kepada Tuhan.

“Ini merupakan bagian untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama. Kiranya semua bisa terus memahami agamanya, serta terus menebarkan kedamaian dan mengekspresikan agamanya masing-masing. Agar semangat toleransi yang sejati terus bisa dijaga. Saya menaruh rasa hormat dan bangga karena kota Manado sebagai kota yang paling bertoleransi. Kita harus terus menjaga semangat ini,” Ucapnya.

Ada target yang diharapkan dari pelaksanaan MTQ tingkat kota Manado kali ini, yaitu juara umum kedelapan kali berturut-turut. Target tersebut diungkapkan oleh Ketua Lembaga pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Manado, H. Amir Liputo, SH saat menyampaikan sambutan.

“Kami mohon dukungan dan doa kepada masyarakat untuk kesuksesan acara ini. Kepada pemerintah kota dan Kementerian Agama yang telah memberikan dukungan kami sampaikan terima kasih. Semoga apa yang menjadi target kami bisa tercapai, yaitu juara umum kedelapan kali berturut-turut di tingkat propinsi,” ungkap wakil ketua komisi I DPRD Propinsi Sulawesi Utara ini.

Walikota saat memimpin tabuh rebana bersama, tanda dimulainya dengan resmi MTQ tingkat Kota Manado ke-XXVII.

Ketua panitia pelaksana MTQ Manado, Fatma Bin Syekh Abubakar, SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Manado, Kapolres, Kementerian Agama, dan masyarakat yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan telah membantu terselenggaranya acara ini. Kepada bapak Walikota, Kapolresta Manado, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Utara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado, Bank SulutGo, Kominfo Manado, PLN, dan masyarakat. Kami mengapresiasi semua yang telah membantu serta mendukung panitia pelaksana untuk suksesnya acara ini,” ujarnya.

Anggota DPRD Kota Manado ini juga melaporkan, bahwa pelaksanaan MTQ ke-XXVII akan berlangsung tanggal 12-16 April 2018. Yang diikuti oleh 206 peserta dari 10 Kecamatan, dengan 10 kriteria lomba yang dibagi dalam kategori anak-anak, remaja, dewasa, dan cacat netra.

Pembukaan acara tersebut juga dihadiri oleh Sekertaris Kota Manado Drs. H. Rum DJ Usulu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado Irwan Musa, SE, M.Si, Ketua MUI Sulut KH. Abdul Wahab Abdul Gafur, LC, Ketua MUI Manado KH. Masyhar Kinontoan, Ketua LPTQ Sulut H. Herson Mayulu, S.Ip, Wakapolresta Manado Arya Permana, Kepala Biro IAIN Manado Suleman Awad, Ketua BKPRMI Sulut H. Fachruddin Noh, Anggota DPRD Sulut H. Ayub Ali Albugis. (Jeffry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here