Beranda Manado Bikers Subuhan Sulut Gelar Kopdar, Begini Kegiatannya.

Bikers Subuhan Sulut Gelar Kopdar, Begini Kegiatannya.

1837
0
BERBAGI

MANADO lensasulut.com – Bikers Subuhan menggelar kegiatan berlabel Kopi Darat (Kopdar), tanggal 8-9 september 2018. Pada kegiatan perdana ini, distrik Bikers Subuhan Manado menjadi shohibul bait (tuan rumah) yang dipusatkan di Mabes Masjid Almubassyrin, Kleak. Acara Kopdargab (Kopi Darat Gabungan) ini diikuti oleh 6 distrik Bikers Subuhan regional Sulut yakni, Manado, Kotamobagu, Bitung, Minut, Tomohon, dan Mitra.

Kadishub Manado, M Sofyan melakukan coaching sebelum kegiatan.

Agenda utama dalam kopdargab perdana ini selain silaturahim antara semua ketua, juga dilanjutkan dengan Rolling City (thawaf City) yg diikuti oleh para ketua ketua bikers subuhan. Kegiatan ini juga dihadiri pembina bikers subuhan ustadz Rizal Kasim, Kadishub Kota Manado M Sofyan, AP, MSi, Wakapolres Kotamobagu Suharman beserta jajaran pengurus.

Kadishub M Sofyan mendapat rompi kehormatan Bikers Subuhan Manado.

BIKERS SUBUHAN, KOMUNITAS MOTOR PENGGIAT SHOLAT SUBUH BERJAMAAH.
Adalah Sebuah komunitas pecinta motor yang tergabung dalam Bikers Subuhan yang merupakan komunitas yang tidak memiliki brand khusus, dalam hal ini kendaraan type baru, lama bahkan antik ataupun apapun jenis motornya, merupakan sekelompok orang yang bersatu dalam sebuah komunitas Bikers Subuhan dengan satu agenda utama kegiatan keagamaan yakni Syiar Islam untuk mengajak lebih khususnya para bikers yang ada di manado dan sekitarnya dalam menggiatkan Sholat Subuh berjamaah di masjid, sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu àlaihi wasalam yang diriwayatkan oleh Abu Dawud & Tirmidzi, “sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid dengan cahaya sempurna pada hari kiamat” dengan motivasi Hadits tsb bisa dijadikan inspiratif bagi umat untuk kembali memakmurkan masjid dan secara tidak langsung Biker Subuhan turut membangun kejayaan Islam melalui Sholat Subuh berjama’ah.

Komunitas Bikers Subuhan ini adalah gerakan dakwah yang unik juga sangat “easy listening” bahkan yang hanya punya sepeda dan yang tidak memiliki kendaraan ikut serta dalam kegiatan Kegiatan memakmurkan masjid, ataupun syiar keagamaan.

Adapun agenda rutinitas BIKERS SUBUHAN MANADO adalah sholat subuh berjama’ah yang dikemas dalam judul KOPDAR SUBUHAN BARENG dilaksanakan satu minggu sekali setiap hari minggu dini hari, dengan musyawarah mencari kesepakatan lokasi Masjid mana yang akan dilaksanakan sholat Subuh berjamaah. Ada yang i’tikaf di lokasi kopdar dan ada juga yang menentukan lokasi titik kumpul (tikum) untuk konvoi ke lokasi kopdar setengah jam sebelum masuk waktu sholat subuh. Dan setelah selesai sholat subuh diisi dengan tausyiah dan terakhir di tutup dgn kegiatan Bersih-Bersih Masjid (BBM ).

Adapun masjid masjid yang menjadi target lokasi adalah masjid atau musholah yang sepi jamaah-nya. Kedatangan dari Bikers Subuhan bisa memotivasi jamaah sekitar Dengan harapan bisa memberi semangat kepada masyarakat khususnya warga sekitar lingkungan masjid agar bisa terpanggil turut memakmurkan Masjid.

Untuk angka 2,5% yg ada disamping logo adalah nilai infaq yang akan di berikan oleh setiap personil Bikers Subuhan saat kopdar selesai, yang nanti terkumpul dan dirasa cukup maka akan didonasikan ke masjid atau musholah yang membutuhkan entah berupa barang atau uang tunai.

Selain program Kopdar Subuhan Berjama’ah, Bikers Subuhan Manado juga mempunyai agenda KOPSAN MAGIS (Maghrib Isya) berjama’ah yang di rangkaikan dengan IFTHOR (buka puasa) sunnah di hari senin dan kamis, bersinergi dengan komunitas Puasa Sunnah Senin Kamis (SAINS) di bawah asuhan ustad Rizal Kasim.

Satu lagi perbedaan dengan komunitas lainnya adalah, Bikers Subuhan Manado tidak memiliki ketua karena semuanya adalah ketua, semuanya adalah pemimpin bagi diri mereka masing-masing yang kelak setiap diri akan diminta pertanggung jawaban oleh ALLAH Subhana wa ta’ala. Di Bikers Subuhan Manado pintu selalu terbuka untuk siapa saja yang mau hijrah, yang mau belajar bersama, yang mau saling ingat mengingatkan, yang mau saling menguatkan dan yang mau saling menopang dalam kebaikan. (jefry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here